‘You’ll Never Walk Alone’ di Celtic Park Bikin Merinding


Share Button

Siapa yang nonton laga Liga Champions antara Celtic vs Barcelona pasti kagum banget sama suasana pertandingan. Gimana ga, sepanjang laga selama 90 menit, supporter tuan rumah Celtic ngasih dukungan dengan nyanyi nonstop!

Selain 11 pemain di lapangan, yang juga bikin Celtic berhasil ngalahin Barcelona di laga Liga Champions tadi malam adalah pemain ke-12 mereka: suporter.

Beberapa jam sebelum laga dimulai, Celtic Park yang berkapasitas 60.832 tempat duduk itu udah penuh tumplek sama puluhan ribu pendukung Celtic. Selain karena kedatangan tim terbaik dunia saat ini, Barcelona, malam tadi Celtic juga lagi ngerayain hari ulang tahunnya yang ke-125, tanggal 6 November.

Maka itu, para supporter dengan khidmat nyanyiin lagu You’ll Never Walk Alone nyaris sepanjang pertandingan. Stadion terasa bergetar, bulu kuduk juga ikut berdiri. Andres Iniesta pun ngerasain hal tersebut.

“Fans Celtic special banget. Klub dan pemain mesti bangga sama mereka. Mereka ngasih dukungan terbaik yang pernah gue dengar, dan gue yakin main di depan mereka bisa bikin perbedaan besar bagi setiap pemain. Pas mereka berjumlah 60.000, kebisingan mereka bisa bikin kuping budek,” kata El Ilusionista ke Daily Record.

Bicara soal lagu You’ll Never Walk Alone, jangan langsung nyebut kalo Celtic udah nontek Liverpool lantaran nyanyiin lagu yang identik sama klub dari Merseyside itu. Soalnya, lagu You’ll Never Walk Alone emang bukan anthem mutlak punya The Reds.

Sebenarnya lagu tersebut adalah karya Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein untuk sebuah pentas drama musikal Carousel tahun 1945. Baru pada 1963, band bernama Gerry & The Pacemakers dari Merseyside ngadaptasi ulang lagu tersebut dengan sedikit gubahan dalam aransemennya.

Dengan statusnya sebagai lagu adaptasi, jadi ga usah heran kalo suporter Celtic juga ikut ngejadiin You’ll Never Walk Alone sebagai salah satu repertoar mereka. Lagian, Celtic juga punya kok chant-chant legendaris dalam klub mereka kayak Paddy Mccourt’s Fenian Army!, We’re Doing The Huddle When Rangers, atau One Neil Lennon.

Pemain ke-12 The Celt sukses bikin skor akhir laga  1-2 untuk kemenangan Celtic, sekaligus sukses menstop rentetan 12 laga ga terkalahkan Barcelona di berbagai pertandingan resmi.

Share Button


Comments


Leave a Comment