Yang Perlu Lo Tau Soal Pendaftaran SNMPTN


Share Button
Image by: www.jejamo.com

Image by: www.jejamo.com

Kalo ditanya apa sih yang paling heboh di Maret ini, SNMPTN salah satu jawabannya. Gimana ga heboh? Sejak pendaftaran SNMPTN dibuka 29 Februari kemarin, banyak banget yang ngomongin soal tema satu ini. Ga mau kalah, OUCH! mau ngebahas nih soal pendaftaran SNMPTN.

Bagi lo yang pengin masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) lewat jalur SNMPTN, bisa ngedaftarin diri lo sejak 29 Februari kemarin. Yak, jauh-jauh hari, info pendaftaran SNMPTN ini udah di-share oleh Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi. Lo bisa cek website di ristekdikti.go.id.

Di website tersebut, ga cuma info pendaftaran doang Sob. Tapi juga dijelasin jadwal pengumuman kelulusan dll. Sayang banget, banyak yang ga bisa ngedaftar sebab ga bisa ngakses website pendaftaran.

SNMPTN SNMPTN-2

Baca: Hana Salsabila, Duta Parlemen Remaja

Lo yang pengin daftar SNMPTN, bisa langsung akses web.snmptn.ac.id. Di situ, lo dijelasin apa aja yang harus lo lewati saat proses pendaftaran.

Pertama, lo diminta buat ngisi NISN atau singkatan dari  Nomer Induk Siswa Nasional (NISN). Selanjutnya, lo tinggal masukin password. Nah, password ini, bisa lo dapet dari guru sekolahan lo yang udah ngisiin Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, lo harus masukin biodata serta pilihan PTN dll. Pemilihan PTN dan program studi ini penting banget Sob. Lo harus ngelihat jumlah peminatnya.

Nah, setelah ngisi biodata, pilihan PTN dll., selanjutnya lo tinggal nyetak kartu bukti pendaftaran, banyak-banyak doa, dan siapin mental. Ha ha ha. Pengumuman SNMPTN sendiri dijadwalin tanggal 10 Mei 2016.

FYI nih, Sob. Tahun ini, kuota jalur SNMPTN lebih sedikit dibanding tahun lalu. Tahun ini, berkurang jadi 40% padahal di tahun lalu sampe 50% Sob.

Baca: Thalianabilla Khalisha, Cewek Berprestasi dari SMA Lazuardi GIS

 

Share Button


Comments


Leave a Comment