Yang Mesti Lo Tahu Sebelum Bikin Bisnis Online Shop


Share Button

tips jualan online anak sekolah

“Pengen banget nih punya uang lebih.”
“Ah, uang jajan gue kurang banget buat beli kebutuhan yang makin banyak.”
“Gimana ya caranya dapetin uang lebih buat jajan?”

Kalian punya pikiran kayak gitu? Nggak perlu takut. Sekarang udah banyak temen-temen kalian yang bisa ngehasilin uang sendiri dan beli apapun yang mereka mau dengan uang hasil kerja mereka.

Gimana caranya? Gampang aja. Kalian tau kan yang namanya bisnis online shop yang lagi marak beberapa tahun belakangan ini? Nah, mereka itu dapetin uang yang mereka pake buat jajan ini dan itu dari hasil jualan mereka di bisnis online shop. Kalian khawatir dengan waktu kalian yang akan kesita banyak karena bisnis online shop kalian?

Nggak perlu khawatir dulu, Ouchers! Gue akan kasih tips ampuh supaya kalian bisa sukses berbisnis sambil sekolah kayak salah satu duta ouch dengan online shop-nya. Penasaran kan? Yuk simak baik-baik tips yang akan gue bagiin…

 

Buat prioritas.

Kalian masih pada sekolah dan punya keiinginan untuk sukses dalam menjalani bisnis online shop kalian? Buatlah skala prioritas. Urutin hal-hal yang harus kalian lakuin dari yang paling penting sampe yang paling nggak penting. Dikarenakan kalian adalah muda-mudi yang masih harus mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, prioritaskan sekolah/pendidikan kalian paling atas.

ketika segala bukan lagi prioritas

Nah kalo prioritas utamanya adalah sekolah, lalu gimana dengan bisnis online shop gue? Tenang dulu! Kalian bisa buat schedule jadwal operasional bisnis online shop kalian. Seperti contoh, kalian hanya menerima pesanan dari hari Senin-Jumat dari pukul 10:00-19:00.

 

Pilih supplier yang terpercaya.

Hal yang penting dalam bisnis online shop adalah kalian harus menemukan supplier yang terpercaya. Nggak mau dong kalian ngejual barang-barang dengan kualitas rendah tapi dengan harga yang tinggi?

supplier terpercaya

Skill memilih supplier yang terpercaya adalah skill wajib yang harus dimiliki sama setiap owner bisnis online shop dimanapun mereka berada. Gimana cara tau kalau supplier yang akan gue pake adalah trusted supplier? Simple! Baca review pembeli mereka. Lihat apakah review yang mereka dapet adalah review yang positif atau negatif.

Selain itu kalian juga bisa liat foto-foto barang ready stock yang mereka foto sendiri dan post entah di blog atau jejaring sosial mereka. Dari foto, kalian bisa tau seberapa mirip barang asli dengan barang yang ada di catalog mereka.

 

Hati-hati dengan customer “nakal”.

Nggak jarang kita dapet BM tentang customer yang di blacklist oleh online shop A atau online shop B. Kenapa mereka bisa di blacklist? Alasan owner bisnis online shop mem-blacklist customer hanya satu. Mereka melakukan hit and run.

tipe pembeli online shop kelakuan buyer online sho] buyer nakal online shop

Apa itu hit and run? Hit and run adalah kondisi dimana si customer memesan sejumlah barang dan pada saat owner menagih untuk membayar, mereka langsung hilang kayak jin. Dengan hit and run ini, nggak jarang owner bisnis online shop akan rugi. Jadi, lebih baik kalian berhati-hati dengan customer jenis ini.

 

Gunakan jejaring sosial dengan bijak.

Siapa yang tidak punya facebook, twitter, dan instagram? Pasti 9 dari 10 orang yang diberikan pertanyaan ini mempunyai ketiga jejaring sosial tersebut. Kalian bisa menggunakan jejaring sosial yang lagi nge-hits buat ngejual barang dagangan kalian.

Pathnya si Dinda Anak Kereta

Simple banget loh cara yang satu ini. Kalian hanya perlu post foto barang-barang yang akan kalian jual dan jangan lupa untuk mencantumkan harganya. Tapi inget jangan sampai terlalu ‘nyampah’ sampai bikin sebel konsumen, dan inget buat sabar hadapin konsumen jangan asal ngomel-ngomel. Kita mesti ambil pelajaran dari kasus Dinda anak kereta.

 

Punya Komitmen.

Nah, yang terakhir ini nih yang penting banget buat kalian yang mau mulai bisnis online shop atau yang udah ngejalanin bisnis online shop. Komitmen. Dengan berkomitmen untuk menjalankan usaha yang akan kalian jalanin atau yang sudah kalian jalanin, dijamin usaha kalian akan lancar.

komitmen jualan online

Tanpa adanya komitmen, kalian bisa jadi berhenti di tingah jalan. Nggak mau dong usaha kalian berhenti di tengah jalan?

Makannya, sebelum kalian mulai, mening berkomitmen dulu sama diri sendiri kalau akan ngejalanin apa yang akan kalian jalani dengan serius tanpa mengabaikan pendidikan kalian. Karena, nggak jarang beberapa orang yang udah sukses berbisnis online mengabaikan pendidikan mereka.

 

Gampang kan buat sukses di dunia bisnis online sambil bersekolah? Buat Ouchers yang mau dapetin uang tambahan, nggak ada salahnya kalian mulai berbisnis online. Bisnis ini menjanjikan loh buat kalian yang mau dapet uang tambahan di saat bulan ramadhan.  Semoga berhasil berbisnis online, Ouchers!

Ditulis oleh: Florencia Halim – Alumni SMAK 2 Penabur Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


  1. mibad27 October 27, 2014 at 16:24

    joosss tips-tpsnya,..gan,…sangat membantu,…

Leave a Comment