5 Hal Yang Lo Rasain Saat Jadi Maba (Mahasiswa Baru)


Share Button
Foto: it.avatar-nusantara.com

Foto: it.avatar-nusantara.com

“Ngampus nih!” cie yang udah lulus trus sekarang ngelanjutin kuliah. Dunia kampus emang beda sih sama masa-masa SMA. Lo pasti nemuin banyak hal saat pertama kali jadi Maba (Mahasiswa Baru). Apa aja sih? Ini dia ulasan OUCH!

1. Jam Kuliah

Jaman SMA, lo harus bangun pagi buat masuk sekolah. Jam 7 pagi, lo kudu masuk kelas buat ngikutin kegiatan belajar mengajar. Nah, hal-hal kayak gini jarang lo temui pas jadi mahasiswa.

Jam kuliah emang ga sepadat jadwal sekolah. Pas jadi mahasiswa, lo bisa berangkat ke kampus jam 9, jam 10, bahkan jam 3 sore Sob. Tapi, kadang mata kuliah tertentu juga ngewajibin lo berangkat pagi-pagi. Ini nih serunya jadi mahasiswa. Jam kuliahnya ga kaku-kaku amat.

Selain jam kuliah, apa lagi yang lo rasain saat pertama kali jadi Maba (Mahasiswa Baru)?

Foto: www.clipartpanda.com

Foto: www.clipartpanda.com

2. Pakaian Lebih Bebas

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Saat masih SMA, lo pengin banget kan bisa berangkat sekolah kayak anak kuliahan, bajunya bebas, bisa pake kaos, celana jeans, dll.

Sekalipun bebas, tapi tiap kampus tetep ngasih aturan berpakaian buat mahasiswanya. Seperti anak Ekonomi yang kadang ga boleh pake celana jeans, atau anak Teknik yang sering pake seragam praktik, dll.

Tapi paling ga, lo lebih bisa berekspresi lewat pakaian saat ngampus daripadawaktu SMA.

Foto: byulshop.tistory.com

Foto: byulshop.tistory.com

3. Tugas Kuliah

Di antara tiga poin yang udah kita bahas, ini nih yang paling berat. Tugas kuliah lebih banyak daripada tugas pas masih SMA. Saat jadi Maba (Mahasiswa Baru), lo pasti sering tuh dapet tugas bikin makalah. Kadang jadwal pengumpulannya barengan antara satu mata kuliah sama mata kuliah lainnya. Gubrak! Kalo udah gini, siap-siap aja lo lembur sampe malam.

Foto: rotasinews.com

Foto: rotasinews.com

4. Cara Nerangin Dosen

Nah, ini lagi satu hal yang bakal lo rasain saat pertama kali jadi Maba. Dosen itu neranginnya ga panjang-panjang. Kalo pas SMA lo bener-bener dibimbing secara detail, nah, saat jadi mahasiswa, lo dituntut buat ngembangin materi yang udah disampein dosen. Setuju ga Sob?

Foto: kanalsatu.com

Foto: kanalsatu.com

5. Uang Jajan

Jam kuliah udah, dosen udah, pakaian udah, tugas kuliah juga udah, apa lagi dong?

Yap, uang jajan. Apa sih yang bedain uang jajan saat SMA sama pas ngampus? Kalo lo masih tinggal satu rumah sama ortu, mungkin perbedaannya ga jauh-jauh banget. Tapi kalo lo milih ngekos (karena kuliah di luar daerah), lo bakal ngerasain perbedaan jauh banget.

Foto: kanalsatu.com

Foto: kanalsatu.com

Bonyok lo ngasih uang jajan dalam bentuk bulanan. Itu pun lo harus pinter ngebagi-bagi buat biaya kost, tugas, transportasi, kebutuhan nongkrong sama biaya makan lo sendiri.

Pas udah ngampus, istilah tepatnya sih bukan uang jajan. Lebih enak kalo kita sebut uang bulanan. So, lo kudu pinter-pinter ngatur uang dan tahan godaan buat nongkrong atau jajan.

Nah, itu dia 5 hal yang lo rasain saat pertama kali jadi Maba. Jadi Maba itu seru lho. Banyak pengalaman yang bisa lo temui. So, met menjelajah dunia kampus ya, Sob.

Share Button


Comments


Leave a Comment