Usia 17 Tahun, Tapi Rambut Kemaluan Belum Tumbuh


Share Button

shock

Umur gua udah 17 tahun, tapi kok ga punya rambut di daerah vital gue ya? Help me please kenapa rambut kemaluan belum tumbuh?

(Erman, man_oke@yahoo.com)

Halo Erman. Saat tumbuh remaja, bakal banyak pertanyaan yang muncul di pikiran lo. Bagi cowok, pasti pernah bertanya, kenapa di leher muncul jakun? Atau kenapa suara tiba-tiba berubah, dan beberapa pertanyaan lainnya. Termasuk adalah pertanyaan soal bulu kemaluan.

Biasanya sih banyak yang tanya kenapa kok muncul bulu di area alat vital. Tapi pengalaman berbeda lo rasain dengan belum tumbuhnya bulu kemaluan di usia 17 tahun.

Alasan pertama pasti karena hormon. Jangan salah ya, hormon itu punya pengaruh yang gede banget sama tumbuh dan ga-nya bulu kemaluan seseorang. Ada namanya hormon androgen yang ngontrol perkembangan bulu baik rambut, jenggot, sampe bulu kemaluan.

Baca: Kesalahan Kecil Tapi Sering Terulang-ulang, Apa Aja Sih?

Selain itu juga bisa jadi karena faktor makanan. Misal orang yang terlalu sering ngonsumsi obat-obatan, pertumbuhan rambutnya juga bisa jadi terhambat Sob.

Saat ini, ketika lo agak bingung sebab bulu kemaluan ga kunjung tumbuh, lo ga perlu galau gitu Sob. Meski bulu kemaluan punya manfaat buat tubuh lo (ngurangi gesekan pas berhubungan intim, melindungi area sekitar kemaluan, dll.) tapi saat bulu lo belum tumbuh, juga ada masalahnya kok Sob. So, take it easy aja ya.

Baca: Gimana Sih Cara Kenalan Sama Cowok?

 

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan, daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

Share Button


Comments


Leave a Comment