Uniknya Danau Berwarna Pink


Share Button

Siapa yang suka warna pink? Lo harus ke sini Sob. Danau Retba. Danau ini punya air yang berwarna merah muda, sungguh danau yang unik dan ga biasa. Karena umumnya danau memiliki air yang bening namun danau ini airnya malah berwarna merah muda. Malah kalo diliat dari atas, Danau Retba ini kaya strawberry milkshake raksasa lho Sob!

Danau Retba terletak di Senegal, danau yang memiliki warna merah muda ini bukan tanpa sebab. Danau Retba berwarna merah muda akibat banyaknya bakteri dan kandungan garam yang berada di dalam danau tersebut.

Sama kayak laut mati, danau Retba juga memiliki kadar garam yang tinggi yang mengakibatkan siapa saja yang berenang di sana akan mengapung di atas permukan danau. Seorang profesor Biokimia dari Bath University Michael Danson mengungkapkan apa yang menyebabkan danai Retba memiliki warna pink, ternyata karena di dalam danau tersebut terdapat banyak bakteri yang menyukai garam, yakni Dunaliella salina.

“Bakteri-bakteri itu menghasilkan pigmen merah yang menyerap dan menggunakan energi sinar matahari untuk menciptakan energi yang lebih untuk mengubah air menjadi merah muda,” ujar Danson.

Oh iya, di danau ini juga ga ada ikannya, karena danau yang memiliki kadar garam tingi bukan merupakan tempat yang baik untuk berkembangnya mahluk hidup. So, kalo ke sini jangan lupa pake baju renang warna pink ya Sob, biar matching gitu sama air danaunya hehe..

Share Button

Comments


Leave a Comment