Atasi Grogi di Depan Kelas

Tips
Share Button

Sebagai seorang siswa teladan yang budiman, mau ga mau lo dituntut untuk berdiri di depan kelas. Entah itu presentasi materi, ngerjain soal, atau disetrap di depan kelas sekalipun. Tapi kadang kita suka ngerasa grogi, deg-degan, keringet dingin, kentut-kentut atau apalah itu gejala gugup yang lainnya. Nah, keadaan inilah yang bisa mengamburadulkan materi yang udah lo hafalin 3 hari 3 malem.  Mau tau gimana cara ngatasinnya? Cekidot nih!

  1. Genggam sesuatu di tangan lo. Peganglah sesuatu entah itu catetan kecil materi atau penggaris yang bisa lo jadikan media presentasi lo. Atau mungkin lagi sapu tangan untuk nyapu keringet jagung lo di jidat. Ini salah satu trik yang ampuh lho Ouchers. Asal jangan pegang-pegangan sama temen sekelompok aja di depan kelas, bisa-bisa nanti lo disorakin. Woooooo!!!
  1. Eye Contact. Kalo yang ini bahasa sundanya kontak mata. Kadang lo ngerasa semua orang pasti ngeliatin lo dari atas sampe bawah. Dih, pede banget deh ah! Jadi gini Sob, aklo lo ngerasa risih dan makin grogi pas kontak mata sama temen-temen sekelas yang merhatiin lo. Coba deh lo balik ngeliatin dia satu-satu, dari ujung ke ujung lo liatin tuh muka-muka temen lo yang mana yang serius merhatiin atau tidak. Siapa tau si gebetan yang duduk di pojokan juga ngeliatin lo kan, dia bisa jadi semangat lo untuk ga grogi lho. Apalagi kalo di tambah dengan senyuman manis, ciamik deh!
  1. Gestur tubuh juga perlu diperhatiin nih Ouchers. Kadang kita kalo udah berdiri di depan suka diem ga bergerak kaya patung. Justru sebenernya itu yang bikin lo makin grogi, coba lo gerakin tangan lo sambil jelasin materi yang akan dipresentasikan. Sebisa mungkin jangan bersikap datar yaa..
  1. Sebaiknya ke kamar mandi dulu. Setuju ga lo Sob kalo lagi grogi pasti bawaannya perut mules atau kebelet pipis. Nah makanya, sebelum mulai melakukan kegiatan di depan kelas, lo harus sempetin dulu ke tempat yang namanya toilet.

Buat yang grogi kalo mau maju ke depan kelas, lo bisa contek tips di atas tuh. Siapa tau bisa mengurangi rasa keringet dingin lo dan deg-degan yang berlebihan yakaaaan..

Share Button

0 Comments

No comments Yet!

We recieved your message and will respond as soon as possible! Write new comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette