Atasi Grogi di Depan Kelas


Share Button

Sebagai seorang siswa teladan yang budiman, mau ga mau lo dituntut untuk berdiri di depan kelas. Entah itu presentasi materi, ngerjain soal, atau disetrap di depan kelas sekalipun. Tapi kadang kita suka ngerasa grogi, deg-degan, keringet dingin, kentut-kentut atau apalah itu gejala gugup yang lainnya. Nah, keadaan inilah yang bisa mengamburadulkan materi yang udah lo hafalin 3 hari 3 malem.  Mau tau gimana cara ngatasinnya? Cekidot nih!

  1. Genggam sesuatu di tangan lo. Peganglah sesuatu entah itu catetan kecil materi atau penggaris yang bisa lo jadikan media presentasi lo. Atau mungkin lagi sapu tangan untuk nyapu keringet jagung lo di jidat. Ini salah satu trik yang ampuh lho Ouchers. Asal jangan pegang-pegangan sama temen sekelompok aja di depan kelas, bisa-bisa nanti lo disorakin. Woooooo!!!
  1. Eye Contact. Kalo yang ini bahasa sundanya kontak mata. Kadang lo ngerasa semua orang pasti ngeliatin lo dari atas sampe bawah. Dih, pede banget deh ah! Jadi gini Sob, aklo lo ngerasa risih dan makin grogi pas kontak mata sama temen-temen sekelas yang merhatiin lo. Coba deh lo balik ngeliatin dia satu-satu, dari ujung ke ujung lo liatin tuh muka-muka temen lo yang mana yang serius merhatiin atau tidak. Siapa tau si gebetan yang duduk di pojokan juga ngeliatin lo kan, dia bisa jadi semangat lo untuk ga grogi lho. Apalagi kalo di tambah dengan senyuman manis, ciamik deh!
  1. Gestur tubuh juga perlu diperhatiin nih Ouchers. Kadang kita kalo udah berdiri di depan suka diem ga bergerak kaya patung. Justru sebenernya itu yang bikin lo makin grogi, coba lo gerakin tangan lo sambil jelasin materi yang akan dipresentasikan. Sebisa mungkin jangan bersikap datar yaa..
  1. Sebaiknya ke kamar mandi dulu. Setuju ga lo Sob kalo lagi grogi pasti bawaannya perut mules atau kebelet pipis. Nah makanya, sebelum mulai melakukan kegiatan di depan kelas, lo harus sempetin dulu ke tempat yang namanya toilet.

Buat yang grogi kalo mau maju ke depan kelas, lo bisa contek tips di atas tuh. Siapa tau bisa mengurangi rasa keringet dingin lo dan deg-degan yang berlebihan yakaaaan..

Share Button

Comments


Leave a Comment