Tips Yang Bikin Lo Tambah Kece Saat Travelling ke Luar Negeri


Share Button

tips travelling kece luar negeri

Hai Oucher yang baru aja wisudaan! Ciye yang abis kebayaan graduation. Ciye yang uda ga putih abu-abu. Ciye yang udah libur. Ciye yang uda pesen tiket buat liburan ke luar negri. Ciye yang lagi packing buat liburan.. Eits, sabar dulu.

Buat Ouchers yang uda ngerencanain buat liburan ke luar negri, ada baiknya kamu cek dulu tips mempersiapkan perjalanan kamu! apalagi buat kamu yang pengen travelling murah ke luar negeri.

 

Buat checklist

world checklist

Siapin barang kamu jauh hari sebelum keberangkatan. Karena tiap harinya kamu bakal nemuin benda yang akan kamu tambah ke dalam baggage kamu. Hindarin nyiapin barang-barang sehari sebelum keberangkatan karena hal itu bisa memperbesar kemungkinan kamu ketinggalan sesuatu yang kamu perluin.

Bikin list barang-barang penting yang mau kamu bawa tapi masih kamu pake dalam kegiatan sehari-hari kamu. Barang-barang inilah yang nantinya bakal ditambahin ke baggage kamu di hari terakhir sebelum keberangkatan.

 

Say NO to “Saltum”(salah kostum)

pakain saat travelling

Sebelum kamu ngunjungin sebuah kota atau negara, ada baiknya kamu tanya dulu ke om google mengenai iklim daerah itu. Apakah panas? Apakah dingin? Apakah pantai? Atau perkotaan? Jaman sekarang om google bahkan udah nyediain contoh-contoh baju yang sebaiknya kamu siapin waktu ngunjungin negara atau kota tertentu.

Coba tanya si om “What to wear when visit …(nama kota atau negara)” jangan lupa cantumin juga bulan kunjungan kamu karena di beberapa negara memiliki iklim yang beragam tergantung bulannya. Selain iklim, pertimbangin juga adat masyarakat setempat.

Kamu sah-sah aja buat pake hot pants dan tanktop di beberapa negara, tapi di sebagian negara, hal itu dianggap kurang pantas. Daripada kamu salah kostum, mending cari tau dulu secara pasti apa yang sebaiknya kamu packing.

 

Money, money, money

hemat uang travelling luar negeri

Pantau terus rate mata uang negara yang bakal kamu kunjungin. Rate mata uang biasanya akan naik dan turun setiap harinya. Kalau ratenya lagi rendah, langsung beli! Lumayan, bisa irit kan.

Terkadang di beberapa negara, rate mata uang lokal lebih bagus di negara itu, jadi kamu bisa juga bawa rupiah atau US dollar dari Indonesia dan tukerin di money changer setempat. Pastiin kamu nyiapin uang pegangan yang cukup buat melalang buana disana atau ikutin aja tips belanja barang bekas nih, tapi jangan bawa terlalu banyak uang cash.

Usahakan juga jangan menyimpan semua uang di satu tempat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kartu kredit kamu bisa berlaku di negara lain, dan kamu bakal dapet konfirmasi setiap pemakaian di luar negeri.

 

Must bring item

barang wajib bawa travelling luar negeri

Kaca mata hitam ketje, topi swag, kain/selendang, sun block buat negara tropis, sepatu atau sendal yang paling nyaman yang kamu punya, kebutuhan obat-obatan pribadi kamu sehari-hari, baju paling nyaman sesuai negara, pakaian dalam yang cukup buat selama disana (jangan sampe melakukan plan “side A, side B” alias bolak balik.. Ewwhhh..).

Kamera buat mengabadikan liburan indah kamu (jangan lupa siapin memori yang cukup supaya camera kamu ga cuman menuh-menuhin baggage), Passport yang masih berlaku (ya iyalaah), koper dilengkapi gembok atau kode, dan benda lain yang kamu pertimbangkan perlu dibawa sesuai negara yang kamu tuju.

 

Smile ☺

tips travelling luar negeri

You’re about to start your fun vacation. Put a big smile on your face! Nikmatin tiap moment berharga kamu, selalu merasa bahagia. Ini liburan loh, mending kamu lupain sesaat semua masalah kamu, dan kehidupan mumet kamu sehari-hari.

Jangan musingin hal yang toh gabisa kamu apa-apain saat kamu lagi liburan. Jadi nikmatin waktu liburan kamu sebaik-baiknya. Jadiin itu waktu yang efektif buat pikiran kamu beristirahat supaya kamu bisa siap buat balik dengan semangat baru ke rutinitas kamu nanti! Udah lengkap semua yang harus disiapin? Tunggu apa lagi. Happy holiday Ouchers!

Jangan lupa selfie ya kalau kamu lagi travelling, biar ketje kayak gini nih

 

Ditulis oleh: Angel Sung – Alumni SMK Pariwisata Santa Theresia Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button

Comments


Leave a Comment