Tau Ga, Ini Lho Kisah Hidup Beethoven Saat Masih Muda


Share Button

beethoven-cover

Hari ini, 17 Desember 2015, nama Beethoven muncul di Google Doodle. Yoi, hari ini emang bertepatan sama ulang tahun komponis legendaris ini yang ke-245. Agar lebih mendekatkan lo sama musisi asal Jerman ini, yuk intip kisah hidup Beethoven saat doi masih muda. Kayak gimana sih?

1. Usia 13 Tahun Udah Bikin Karya

Ga butuh waktu lama bagi Beethoven buat nunjukin kehebatannya di bidang musik. Di usia yang ke-13 tahun, Beethoven udah ngeluarin karya pertamanya. Beethoven dalam karya tersebut nunjukin 9 variasi C minor dalam bermain piano.

Waktu itu, Beethoven dapat arahan dari Christian Gottlob Neefe yang jadi guru musik pertamanya.

2. Family Man Banget

Beethoven ga cuma jago di bidang musik. Doi juga punya sikap yang cukup bagus lho. Beethoven muda harus mengurus kedua adiknya. Ayah Beethoven dikenal sebagai lelaki pemabuk dan kurang peduli sama urusan keluarga.

Buat menghidupi adik-adiknya, Beethoven dapat penghasilan dari ngasih les piano buat para keluarga bangsawan. Keren nih, masih muda tapi udah peduli banget sama keluarga.

Kiri: Beeethoven usia 13 tahun, kanan: Beethoven usia 20 tahunan.

Kiri: Beeethoven usia 13 tahun, kanan: Beethoven usia 20 tahunan.

Baca: Kyo Kyo Rai, Bocah 7 Tahun yang Jago Dance K-Pop

3. Saudara Beethoven

Beethoven atau bernama lengkap Ludwig van Beethoven sebenarnya punya 6 bersaudara. Tapi empat di antaranya meninggal, dan Beethoven jadi yang tertua di antara dua saudaranya yang masih hidup waktu itu. Nah, dua adiknya ini yang biaya hidupnya ditanggung oleh Beethoven.

Berkat kerja keras, Beethoven bisa jadi kakak yang baik buat kedua adiknya. Uang dari les piano bisa ngebantu Beethoven dan keluarga.

4. Penyakit Otosklerosis

Beethoven mengalami episode yang sedih banget pas doi masuk usia 20 tahunan. Di usia itu, indra pendengaran Beethoven mulai turun. Doi kena penyakit Otosklerosis atau pertumbuhan tulang yang ga normal di bagian telinga. Beethoven pun mengucilkan diri dari pergaulan.

Di situ doi ngerasa ga punya teman. Dan sakitnya lagi, cewek-cewek yang disukainya nolak cinta Beethoven.

Baca: Kalo Lo Suka Star Wars, Lo Harus Tau Fakta Ini

Satu lagi cerita soal Beethoven adalah, pertemuan Beethoven dengan Mozart. Di usianya yang masih remaja, Beethoven sempat ketemu dengan Mozart, dan saat itu Mozart ngasih pujian soal bakat bermusik Beethoven. Wah, keren banget ya bakat dan kisah hidup Beethoven.

 

Share Button

Comments


Leave a Comment