Tau Ga Novel Pertama di Indonesia?


Share Button

bintang-toedjoeh-buku

Suka baca novel? Pernah denger judul novel pertama di Indonesia? Kalo belum, saatnya kenalan sama novel Bintang Toedjoeh. Ini dia novel pertama yang terbit di Indonesia Sob. Kalo sekarang banyak novel yang kisahnya soal percintaan, gimana ya cerita novel jaman dulu?

Saat ini banyak banget novel-novel yang diidolain remaja. Mulai dari novel motivasi seperti Laskar Pelangi, sampe novel percintaan ala anak muda seperti Refrain, dll. Para pecinta novel di Indonesia juga tambah banyak Sob. Salah satunya sih gara-gara banyak novel yang diangkat ke film.

Baca: Fakta Film James Bond “Spectre”

Nah, ada info menarik yang ga boleh lo lewatin nih. Tahun 2010 kemarin, Claudine Salmon lewat sebuah karyanya, ngungkapin judul novel pertama di Indonesia. Claudine nyebutin Bintang Toedjoeh karya Lie Kim Hok sebagai novel pertama yang terbit di negeri ini (dulunya masih bernama Hindia-Belanda).

Foto: Lim Kim Hok, penulis novel Bintang Toedjoeh

Foto: Lim Kim Hok, penulis novel Bintang Toedjoeh

Selama ini banyak orang ngira, novel pertama di Indonesia adalah Sitti Nurbaya. Tapi, 30 tahun sebelum terbitnya Sitti Nurbaya, ternyata udah ada novel Bintang Toedjoeh, Sob.

Baca: Bon Jovi Buka Restoran Gokil, Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya

Bintang Toedjoeh punya latar cerita di Tiongkok. Novel ini nyeritain seorang gadis yang terlantar yang kemudian diasuh 7 mahasiswa. Mereka manggil gadis ini dengan Thjit Liap Seng Nio atau Nona Bintang Tujuh. 

Gimana, seru ga fakta tentang novel pertama di Indonesia ini? Bagi lo yang pengin tau fakta-fakta unik lain, tunggu artikel berikutnya dari Majalah OUCH! ya.  

Share Button

Comments


Leave a Comment