Tas Sekolah Lo Berat? Ini 4 Ancaman Kesehatan yang Perlu Lo Ketahui


Share Button

Photo credit: maxpixel.com

Nggak Cuma dipake buat bawa buku pelajaran atau barang lainnya, tas juga bisa banget lo pake buat bergaya. Meskipun hampir semua pelajaran bisa diakses secara digital, kadang masih ada aja sekolah yang mengharuskan muridnya bawa buku yang super tebel setiap harinya. Lo tau nggak Ouchers kalau beban tas yang terlalu berat bisa bikin kesehatan lo terganggu. Nih penjelasannya.

Cepat lelah

Berasa atau nggak, tapi bawa beban terlalu berat di dalam tas lo bisa bikin lo lebih cepet kecapean. Hal ini terjadi karena tubuh Ouchers dipaksa untuk mengeluarkan energi lebih banyak supaya bisa bawa beban di dalam tas itu. Nah, kalau dibiarin, pasti lo bakal cepet ngerasa lelah dan pegel-pegel.

Menghambat pertumbuhan

Ouchers, lo tau kan di usia lo sekarang ini merupakan waktu yang tepat untuk tumbuh? Oleh karena itu, lo disarankan buat bawa tas dengan beban yang ringan-ringan aja. Soalnya kalau lo bawa tas yang terlalu berat, pertumbuhan tinggi lo bakal keganggu karena tertahan oleh beban yang harus pundak lo pikul dalam tas.

Permasalahan pada Kesehatan Tulang Belakang

Bawa beban yang terlalu berat bisa buat Ouchers susah untuk berdiri tegak. Nggak jarang karena terlalu berat lo harus bungkukin badan lo dulu supaya nggak gampang lelah atau keberatan sebelum menggendong tas itu. Nah, kalau kebiasaan ini diterusin, ini bisa buat tulang belakang lo jadi melengkung ke depan atau kifosis.  Gak Cuma bungkuk ke depan, beban yang berat juga bisa bikin tulang belakang lo melengkung ke kanan dan kiri atau biasa disebut dengan skoliosis yang banyak ditemuin pada temen-temen yang seneng pake tas slempang.

Osteoporosis dini

Pengikisan kepadatan tulang yang dibiarkan secara terus-menerus dapat mengakibatkan tulang lo keropos. Biasanya penderita baru mengetahuinya setelah mengalami jatuh ringan dan kemudian menemukan retak pada tulang pergelangan, pinggul dan punggung. Padahal tulang yang sehat tidak akan retak jika Ouchers mengalami jatuh ringan.

Apakah Ouchers masih yakin ingin membawa tas berat ke sekolah? Jadi, mulai sekarang kurangi jumlah barang-barang yang Ouchers bawa di dalam tas agar tidak menimbulkan ancaman kesehatan.

Share Button

Comments


Leave a Comment