Taman Yang Terinspirasi Matematika


Share Button

Kalo lo lagi main-main ke taman yang ada di Skotlandia ini, dijamin kita akan dibuat kagum karena keunikannya. Gimana enggak? Soalnya, taman yang terletak di Portrack House, dekat Dumfries ini ga cuma berhiaskan tanaman yang indah aja, tapi juga desain arsitektur yang terinspirasi dari ilmu matematika.

Walopun terinspirasi dari ilmu berhitung, tapi nyatanya taman ini ga serumit seperti yang lo pikirkan Sob. Soalnya si perancang taman, Charles Jencks bersama istrinya Maggie Keswick, ga membuat taman dengan jajaran angka dan rumus yang ribet. Tapi dengan cerdasnya menggabungkan fenomena alam sekitar dan ilmu matematika, supaya makin mudah dipahami.

Pas berkeliling, lo bisa sambil belajar matematika dan menebak bentuk ornamen penghias di taman ini. Ada ornamen penghias taman yang terbuat dari besi baja berbentuk spiral yang sebenarnya menggambarkan DNA dan kurva di ilmu matematika. Bukan cuma itu, bentuk geometri dan fenomena alam seperti lubang hitam (black hole) juga begitu cantik menghiasi samping danau di taman tersebut.

Nuansa kental matematikanya ga cuma ada di ornamen penghiasnya aja. Deretan bukit di taman ini, juga ga mau kalah berkonsep matematika juga. Bukit itu sebenarnya terinspirasi dari deret bilangan Fibonacci, temuan Leonardo Pisano, seorang ahli matematika dari Italia. Keren!

Nah karena begitu unik dan rapi, taman ini dijaga ketat dan dirawat dengan baik. Garden  of Cosmic Speculation ini,  cuma bisa didatengin sama pengunjung umum satu kali dalam setahun. Pas dibuka buat umum, sekaligus diadain  acara pengumpulan dana buat cancer care charity, Maggie’s Centres.

Share Button

Comments


Leave a Comment