Supaya Kaki Ga Lecet


Share Button

Lecet karena make sepatu baru emang menyiksa abis. Apalagi kalo kita lagi jalan-jalan, terus tiba-tiba kaki kita sakit, uhh nyebelin!

Kejadian seperti ini memang bikin bete. Tapi ga usah panik, kita atasi dengan langkah berikut:

  • Kalau di tengah-tengah perjalanan kaki terasa perih sampe ada kulit yang terkelupas, sebaiknya lepas sepatu dan diamin selama 20-30 menit, supaya kaki dapet sirkulasi udara yang baik. Kalo lo merasa ga sanggup nerusin memakainya, sebaiknya jangan dipaksain. Ganti dengan sepatu yang lebih longgar atau sandal.
  • Setelah sampai di rumah, biarin kaki dalam udara terbuka selama 30 menit. Cuci pake air hangat (hindari menggosok bagian yang lecet), keringin pake handuk lembut. Terus, olesin bagian yang terluka dengan kapas yang udah diberi obat antiseptik.
  • Rasa sakit karena lecet emang akan berlangsung sekitar 2-3 hari. Sebaiknya, hindari memakai sepatu yang sama (yang menyebabkan kaki lecet) selama kaki masih sakit.

Selain mengatasinya, kita juga bisa mencegahnya dengan cara berikut ini:

  • Lapisi bagian sepatu yang sering menyebabkan lecet, seperti bagian ujung depan dan belakang sepatu dengan menggunakan lotion atau baby oil, diamin selama semalam sebelum dipake besok.
  • Sebelum make sepatu, tempelin plester di bagian belakang kaki.
Share Button


Comments


Leave a Comment