SMAN 112 Punya Sistem Inklusi. Apa Itu? Ini Penjelasannya


Share Button

Hah?? Apaan tuh? Begitulah respon orang-orang yang belum pernah mendengar singkatan dari kata ‘swable’. Swable sendiri merupakan singkatan dari 112. Salah satu SMA Negeri di Jakarta Barat yang beralamat di Jln. Sanggrahan no.2 Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Sekolah ini beda sama sekolah lainnya. Kenapa? Karena sekolah ini merupakan sekolah negeri unggulan kedua se-Jakarta Barat yang nyediain program inklusi bagi para siswanya.

Apa itu program inklusi? Program inklusi adalah program pengajaran bagi siswa yang punya kekurangan misalnya tuna rungu, tuna netra, tuna wicara, dll. Mereka bisa belajar di kelas seperti biasa dengan murid-murid lainnya. Keren ya ? :yes:

SMAN 112 juga merupakan rayon untuk daerah Kembangan, Puri, dan sekitarnya. Biasanya rayon ini digunakan kalo ada pertemuan-pertemuan dengan sekolah-sekolah lain yang terkait, pengambilan soal-soal ujian nasional, ataupun seleksi OSN (Olimpiade Sains Nasional).

Sekolah ini terdiri dari 3 lantai. Sayangnya, SMAN 112 ini cuma nyediain 2 program jurusan untuk kelas 11 dan 12, yaitu IPA dan IPS. Program bahasa yang semula juga dibuka sekarang ga ada lagi, gara-gara kurangnya peminat untuk jurusan ini. Fasilitas yang tersedia di SMAN 112 ini cukup lengkap lho. Ada sebuah taman kecil di dekat lobby sebagai penghias dan untuk menciptakan rimbunnya suasana sekolah. Ruang kelas juga dilengkapi oleh AC serta proyektor untuk kegiatan presentasi. Ruang aulanya juga cukup luas dan sering digunakan untuk beberapa pertemuan lho Sob. Ga lupa, di SMAN 112 ini juga terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid At-Tadzkir yang biasanya digunakan untuk sholat Jumat bersama.

Ga cuma itu Sob, di SMAN 112 juga diajarin pelajaran bahasa Arab dan bahasa Jepang. Bahasa Arab merupakan pelajaran pokok untuk seluruh siswa, ga terkecuali non-muslim. Pelajaran bahasa Arab ini diadain bukan dengan tujuan yang negatif, tapi untuk persaingan di dunia Internasional, mengingat bahasa Arab merupakan bahasa Internasional yang juga digunakan di banyak negara di benua Eropa & Afrika.

Kalau bahasa Jepang sendiri bakal didapat kalo udah duduk dibangku kelas 11. Bahasa Jepang banyak diminati oleh siswa-siswi di SMAN 112 ini. Banyak banget perlombaan yang udah dimenangin menyangkut budaya dan bahasa Jepang, seperti menggambar manga & anime, karaoke bahasa Jepang, dll. Baru-baru ini juga seorang siswi yang bernama Febry Fitriana dari SMAN 112 terpilih berangkat gratis ke Jepang dalam rangka program kedutaan Jepang & Indonesia untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan masyarakatnya pasca gempa yang terjadi di Jepang 2 tahun lalu. Wuih! :yes:

Sensei Ika, begitu sapaan guru bahasa Jepang di sekolah ini ternyata juga merupakan guru ter-favorit yang banyak disukai muridnya. Ia mengajar dengan sistem yang beda banget dengan guru lainnya. Walopun dia bukan guru tetap, tapi pas ngajar suasana yang tercipta dikelas terbilang santai dan asyik.

Gak lupa juga, Swable (singkatan 112)  juga punya jajanan  khas yaitu gado-gado mpok Juju dan mie goreng mbak In. Rasanya enak banget udah gitu ditambah harganya yang murah plus ngenyangin perut.

Over all, kalo lo beneran pengin sekolah di sini, sarannya sih lo sebisa mungkin berusaha untuk bisa dapetin NEM yang tinggi. Soalnya persaingan untuk bisa masuk kesekolah ini susah lho. NEM tahun kemarin paling tinggi aja sudah berkisar 36,00 dan terendah 34,00.

Makanya, semua siswa Swable rajin banget belajar, tapi tetep have fun doong. Kan masih mudaaa.. :evilgrin:

Penulis: Louisa Intan Aryani

Share Button

Vidette Glasses

a bit of this a bit of that .. HAHAH

More Posts - Website - Twitter - Pinterest - Google Plus



Comments


  1. Ryan chenata June 11, 2013 at 23:25

    wahhhhh……yang masih muda memang haris berlajar trus untuk berkreasi dan ingat . . . lo masih muda, waktu mu masih banyak..jdi tetep have fun coyy !!!

    SMAN112 punya sistem inklusi
    ada 3 ematicon ^__^

Leave a Comment