7 Hal Ini Mempengaruhi Lo Pas Pilih Jurusan Kuliah


Share Button
Foto: uai.ac.id

Foto: uai.ac.id

Ada yang milih Kedokteran, ada juga yang milih Psikologi. Hallo, Ouchers!!! Lagi musim nyari jurusan kuliah ya? Cie cie… yang udah lulus dari SMA. Ngomong-ngomong soal jurusan kuliah, siapa atau apa aja sih yang mempengaruhi lo buat pilih jurusan tersebut? Yuk, ngobrolin jurusan kuliah bareng OUCH!

1. Ortu

“Kak, mendingan masuk jurusan Farmasi aja. Prospek kerjanya bagus,” ucap ortu lo. Pernah ga lo ngalamin hal kayak gini? Ortu lo minta lo pilih jurusan kuliah karena alasan tertentu. Yoi, Sob, ortu emang salah satu orang yang mempengaruhi lo buat milih jurusan kuliah.

Ga ada salahnya sih ngikut pilihan ortu. Mereka pasti punya pengalaman sendiri soal dunia perkuliahan. Tapi, kalo lo merasa ga sesuai sama minat lo, coba deh obrolin baik-baik.

Foto: www.womentips.co

Foto: www.womentips.co

2. Rekomendasi Guru

Sebelum kelulusan, siswa-siswa SMA biasanya dapet bimbingan dari guru. Mereka diarahin buat masuk jurusan kuliah di kampus-kampus negeri atau swasta.

Enaknya dapet rekomendasi dari guru, lo bener-bener dapet bimbingan. Jadi, lo dikasih tau kampus mana yang bagus sesuai jurusan yang lo tuju. Misal, “Mending pilih jurusan kuliah Kedokteran di kampus ini deh,” tutur guru lo, dengan alasan akreditasi sampe prospek kerjanya.

Foto: www.tiangawan.com

Foto: www.tiangawan.com

3. Kakak Kelas

Biasanya, hal-hal kayak gini dialami sama anak-anak organisasi. Mereka punya kedekatan yang bagus sama kakak kelas Sob. Nah, jelang kelulusan, senior dan junior sering berbagi pengalaman soal dunia perkuliahan.

Ouchers pernah dapet rekomendasi pilih jurusan kuliah dari kakak kelas? Pas ga sama minat lo?

Foto: www.rare.org

Foto: www.rare.org

Baca: 7 Jurusan Kuliah Paling Unik Versi Majalah OUCH!

4. Deket Sama Daerah Asal

Selain karena pengaruh beberapa orang, letak kampus yang ga jauh dari daerah tempat asal juga jadi salah satu pertimbangan. Contoh, anak-anak Jawa Timur kebanyakan pilih kuliah di Surabaya atau Malang. Yah, supaya kalo pulang kampung ga kelamaan di jalan Sob.

Asyiknya kuliah di daerah yang ga jauh sama kampung, lo ga keserang culture shock. Apaan nih? Itu tuh, kondisi saat lo ga bisa nyesuain sama adat istiadat ataupun kebiasaan di tempat baru lo.

Foto: notedcupu.com

Foto: notedcupu.com

5. Prospek Kerja

Udah jadi rahasia umum deh. Banyak calon mahasiswa yang pilih jurusan kuliah karena ngelihat prospek kerjanya nanti. Setelah tahu prospek kerjanya bagus, lo bakal milih jurusan tersebut Sob.

Lo milih jurusan karena prospek kerja juga ga Sob?

pilihan-5

Baca: 5 Tips Milih Jurusan Kuliah

6. Cocok Sama Minat

Ini juga jadi salah satu alasan yang paling sering dirasain calon mahasiswa. Lo pilih jurusan kuliah karena lo emang minat sama jurusan tersebut. Yang suka sama Fisika, pasti ngambilnya jurusan yang ga jauh-jauh sama Fisika.

Serunya kuliah sesuai minat, lo jadi ngerasa ga terbebani Sob. Lo jadi enjoy dan semangat ngampus.

pilih-6

7. Terpaksa

Yang terakhir ini bener-bener ga enak Sob. Saat mau masuk jurusan yang udah lo tentuin, eh, ternyata kampus tersebut udah ga nerima mahasiswa baru. Nyesek banget ga Sob?

Selain karena penerimaan mahasiswa baru udah ditutup, bisa juga karena ga ketrima di perguruan tinggi negeri. Pernah ga punya pengalaman kayak gini?

pilih-7

Baca: Obat Galau Jurusan Kuliah!

Selain karena tujuh alasan di atas, sebenarnya masih banyak lagi Sob, hal-hal yang mempengaruhi lo saat pilih jurusan kuliah. Nah, lo dulu milih jurusan kuliah karena apa atau siapa Sob?

 

Share Button


Comments


Leave a Comment