Siapa Bilang Semua Ada di Jakarta? Buktinya Makanan Ini Gak Ada Tuh


Share Button

Selain ketemu kakek nenek dan sodara, yang paling asik dari pulang kampung adalah nyobain makanan dan minuman khasnya. Apalagi buat lo yang suka travelling sudah pasti wajib coba kulineran khas daerah tempat lo jalan-jalan.

Banyak banget makanan dan minuman khas daerah yang belum terkenal sampai di Jakarta aja gak ada yang jual! makanya itu gak ada salahnya bawa makanan dan minuman ini buat oleh-oleh pulang kampung.

Baca: Tempat buka puasa anak SMA paling rame di Jakarta.

 

Lempok Durian

lempok durian pontianak

Lempok Durian kalau di Jakarta itu kayak dodol tapi karena di Pontianak terkenal sama buah durian makanya pakai bahan dasar durian. Kalau di Pontianak pas musim durian banyak banget yang jual lempok durian, biasanya pedagannya ngumpul di jalan Teuku Umar dan mulai jualan dari sore sampai tengah malam.

 

Tempoyak Durian

tempoyak durian palembang

Makanan khas Palembang; sama kayak Lempok, bahan dasar Tempoyak ini adalah durian yang difermentasi cuma rasanya asem. Biasanya sering jadi bumbu masak, buat jadi lauk nasi atau dicampur sama sambal terasi.

Baca: Makanan pengusir bad mood.

 

Celimpungan

celimpungan palembang

Sekilas kayak ketupat sayur yang kuahnya dari santan, tapi celimpungannya sendiri itu terbuat dari adonan sagu kayak pempek-pempek dan sama-sama khas Palembang.

 

Krupuk Sambal

krupuk sambal semarang

Kalau jalan-jalan ke Semarang, mesti coba yang namanya krupuk sambal dengan sambal kacangnya yang pedas-pedas gimanaa gitu. Yang unik dari krupuk ini adalah proses pembuatannya yang dibakar bukan digoreng makanya rasanya beda! dan mesti dicoba.

 

Tahu Gimbal

tahu gimbal semarang

Beda yaa sama gembel, kalau tahu gimbal ini dijamin bikin nagih. Beda dengan tahu di abang-abang gorengan; yang bikin khas tahu gimbal ini adalah gimbalnya. Gimbal itu bakwan goreng yang isinya udang dan dipotong kecil-kecil dimakan bareng tahu atau lontong.

Baca: Kantin SMAN 3 Jakarta gudangnya makanan enak.

 

Dawet Ireng

dawet ireng purworejo

Setelah kita kenyang makan tahu gimbal di Semarang, kita pindah yuuk cari minuman di daerah Purworejo; namanya Dawet Ireng. Terbuat dari dawet hitam, santan dan air gula. Kalau di Jakarta sih namanya cendol tapi ini khas Purworejo.

 

Sate Buntel

sate buntel solo

Masih di daerah Jawa Tengah, kita main-main ke Solo yuk cobain sate kambing yang unik bangeet namanya Sate Buntel. Tapi inget kesehatan, jangan kebanyakan walau rasanya renyah banget karena daging kambingnya dibungkus lemak kambing yang dibakar.

Baca: Hubungan segitiga antara makanan, hormon dan bulu ketek.

 

Serabi Notosuman

serabi notosuman

Bukan cuma di Bandung yang punya serabi, di Solo juga punya makanan jagoan namanya Serabi Notosuman. Beda dengan serabi Bandung yang tebal dan punya banyak varian rasa, kalau Serabi Notosuman lebih tipis dan lembut tapi rasanya gak kalah enak!

Share Button

Comments


Leave a Comment