Serba-Serbi Jurusan Kuliah Komunikasi Yang Mesti Lo Tahu


Share Button

pusing karena kuliah

“Kamu kuliah dimana? Jurusan apa?” begitulah pertanyaan yang biasa dilontarkan orang tua ketika bertemu dengan anak kerabatnya. Jawaban yang banyak di dengar adalah kedokteran, arsitek, desgin, hukum, akuntansi, management, IT, teknik, dan lainnya. Ketika orang tua mendengar jurusan tersebut, mereka mungkin akan langsung mendapatkan gambaran mengenai jurusan tersebut. Tapi bagaimana dengan jurusan satu ini?

 

Mass Communication

Atau Komunikasi Massa, adalah sebuah jurusan cabang dari Komunikasi yang mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya saat pertama kali mereka mendengarnya. Sedikit orang yang tahu apa itu jurusan Mass Communication, padahal jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling diminati saat ini.

Baca: 10 universitas kualitas terbaik menurut lembaga luar negeri.

 

Menurut data dari salah satu sekolah tinggi ilmu komunikasi di Jakarta, minat mahasiswa terhadap jurusan Mass Communication menempati urutan kedua setelah jurusan Public Relation, disusul oleh jurusan Marketing Communication di posisi ketiga, International Relation, Advertising Communication, dan Performing Arts Communication.

anak komunikasi panikan

Sebenarnya Mass Communication itu belajar apa?
Secara singkat Mass Communication didefinisikan sebagai proses penyebaran informasi kepada publik atau khalayak banyak. Hal yang dipelajari dalam jurusan Mass Communication mencakup cara-cara pengumpulan serta penyampaian informasi, serta proses pengolahan data hingga turun ke publik tersebut tentunya.

Mulai dari teknik penulisan artikel atau cerita, teknik wawancara profesional, bagaimana berbicara secara profesional di depan publik, menganalisis dan memberikan kritik pada media, melakukan presentasi profesional, proses menciptakan film dan program TV, jurnalistik, broadcasting, media cetak, elektronik dan lainnya.

Pada dasarnya, Mass Communication mencakup segala jenis komunikasi dan penyampaian informasi kepada publik dalam jumlah banyak melalui media massa.

Pada jaman dewasa ini perkembangan teknologi telah mengembangkan industri media hingga tidak terbatas lagi pada media cetak. Media televisi dan radio terus berkembang, media online pun turut berkembang pesat mendukung penyebaran informasi kepada masyarakat.

Baca: 10 tips lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri.

Hal ini mempengaruhi tingginya minat terhadap jurusan Mass Communication karena peluang karir yang sangat luas. Pasalnya, banyak perusahaan mengakui bahwa lulusan dari jurusan komuikasi sangatlah dibutuhkan dalam membantu perusahaan tersebut menyusun strategi penyebaran informasi penting kepada khalayak banyak.  Ini yang menyebabkan jurusan ini menempati urutan ke empat dari daftar 7 cabang ilmu yang paling diminati di dunia kerja dalam negeri maupun luar negeri.

 

Performing Arts Communication

Mempelajari seni panggung dan penampilan di depan publik. Jurusan ini cukup unik karena mahasiswanya lebih banyak dikenalkan kepada teknik langsung dan praktek ketimbang teori. Biasanya mahasiswa jurusan Performing Arts Communication akan mengadakan banyak pertunjukkan-pertunjukkan seperti acara musik, ataupun pertunjukkan teater.

Performing Arts Communication

Apa sih yang dipelajari di Performing Arts Communication? Di jurusan ini, mahasiswa akan dikenalkan dengan teknik-teknik pertunjukkan di atas maupun di balik panggung. Bagi kamu yang merasa kurang percaya diri, ataupun merasa bukan seseorang yang memiliki bakat untuk melakukan pertunjukkan, bukan berarti kamu tidak bisa masuk ke jurusan ini. Justru disini kamu akan dilatih untuk menjadi semakin percaya diri di atas panggung.

Tidak bisa menari dan bernyanyi bukanlah hambatan! Di jurusan ini kamu juga akan diajarkan untuk menari serta menyanyi mulai dari dasar yang paling dasar! Ketukan, nada, dan pengetahuan dasar lainnya. Maka jangan takut untuk mendaftarkan diri di jurusan ini!

 

Design Visual Arts Communication

atau Advertising communication adalah jurusan yang mempelajari penyampaian pesan melalui gambar yang tujuannya untuk mengiklankan suatu produk atau jasa.

anak dkv sibuk terus

Banyak yang ragu untuk masuk ke jurusan ini karena merasa tidak bisa menggambar, ternyata hal itu tidak perlu kamu kuatirkan. Memang jurusan design ini tidak jauh dari menggambar, tetapi disamping kamu akan dibimbing dari paling dasar, banyak hal selain menggambar yang kamu pelajari disini.

Seperti teknik komputer, kamu akan diajarkan teknik membuat OBB seperti di awal dan akhir acara televisi menggunakan applikasi di komputer. Jadi sebenarnya jurusan Advertising ini tidak terpaku pada menggambar kok!

Baca: Daftar jurusan kuliah prospek kerja paling tinggi.

 

Public Relation Communication

atau hubungan masyarakat. Dari judulnya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa jurusan ini akan berfokus pada bagaimana sebuah perusahaan menjalin hubungan dengan masyarakat luas.

public relation

Di jurusan ini yang akan dipelajari adalah strategi-strategi yang efektif untuk membangun pencitraan sebuah perusahaan lengkap dengan cara mengimplementasikannya ke dalam dunia kerja yang nyata. Di jurusan ini mahasiswa akan melakukan banyak praktek yang diimbangi dengan teorinya. Jadi kamu akan diajak untuk berpikir kritis dan tanggap supaya siap menghadapi persaingan ketat di duia kerja nanti.

 

Marketing Communication

adalah jurusan yang  mempelajari tentang komunikasi pemasaran. Seperti tujuan marketing pada umumnya yaitu memasarkan dan menginfokan produk kepada masyarakat luas agar masyarakat dapat terpersuasi untuk membeli produk kita. Di jurusan inilah lahir para marketer profesional yang memiliki strategi yang bukan sembarang strategi!

Di jurusan ini kamu akan diajak untuk mempertimbangkan cara pemasaran dilihat dari berbagai sisi. Bagaimana kita harus memahami produk kita lebih dari siapapun agar dapat melakukan pemasaran kepada masyarakat. Kamu tau Samsung? Nestle? Honda? Yamaha? Pasti jawabannya IYA, karena merek mereka sudah memiliki citra di dalam masyarakat. Membangun citra sebuah merek juga bukanlah hal yang mudah dilakukan, di jurusan inilah kamu bisa mempelajarinya.

Baca: 5 kampus yang bayar lo buat belajar.

 

International Relation Communication

atau hubungan international. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari hubungan international. Buat kamu yang tertarik dengan pekerjaan di kedutaan, inilah jurusannya.

Jurusan ini cukup luas. Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak sekali hal yang berguna dalam kehidupan sosial sehari-hari. Selain ilmu sosial lanjutan dari yang kita pelajari di SMA, di jurusan ini kita juga akan update banget sama perkembangan globalisasi, Keuangan international, kedaulatan negara, juga kultur atau budaya international. Menarik banget kan?

Gimana ouchers? Setelah baca ini, kamu tau dong kalau jurusan komunikasi ga se simple “belajar ngomong”? Selain sangat berguna dalam pekerjaan dan kehidupan sosial sehari-hari kita, kuliah di jurusan komunikasi juga seru dan ga ngebosenin, secara, di jurusan komunikasi bakal banyak praktek yang seru bareng temen-temen, ga cuman osen ngedengerin teori dari dosen.

Baca: Enak dan gak enaknya kuliah di london school of public relation.

Dan satu lagi! Rata-rata dosen jurusan komunikasi adalah para profesional yang terjun langsung ke dunia komunikasi, judulnya aja udah komunikasi, kebanyang doong seberapa menariknya dan eyecatchingnya kalo uda ngomong depan kelas? :D

Share Button


Comments


Leave a Comment