Sepiring Cerita Dari Henry Manampiring


Share Button

henry1

Mungkin sebagian dari lo masih ga familiar sama nama Henry Manampiring a.k.a Om Piring. Cowok yang satu ini dikenal aktif banget di media sosial Sob. Mulai dari, Twitter, ask.fm sampe nge-blog. Pengin tau serunya obrolan OUCH! sama cowok yang punya cita-cita jadi anggota The Avengers ini? Kepoin artikelnya yuk.

Halo Om Piring, lagi sibuk apa nih sekarang?

Biasalah, mencari nafkah dengan menjadi tukang bikin iklan, hahaha. Saat ini gue menjabat Head of Strategy untuk Leo Burnett Indonesia, sebuah advertising agency multinasional.

Kenapa sih Om Piring seneng ngomentarin orang-orang di Twitter?

Idih fitnah! Gue lebih banyak mengomentari berita, makanya nama akunnya @newsplatter, artinya “sepiring berita”. Tapi kadang-kadang komenin orang juga sih, hehehe.

Om Piring dikenal sangat kritis kalo ngomentarin orang, dari SMA emang udah sering ngomentarin orang?

Sebenarnya ga terlalu sering. Tapi sekalinya komen, gue ngomentarin guru PMP (waktu itu nama pelajarannya PMP ya, ga tau sekarang). Terus doi melotot deh. Hahaha.

Siapa yang paling ga pernah Om Piring komentarin?

Akun ormas anarkistis. Males, nanti dianiaya.

Ada ga seleb atau pejabat yang belom kesampean Om Piring komentarin?

Taylor Swift belom. Soalnya gue sayang sama dia. Tsah.

Ceritain dong, waktu SMA ada ga pengalaman yang ga bisa dilupain?

Ada. Dulu di SMA gue yang muridnya cowok semua, ada tradisi menelanjangi teman, terus diseret ke lapangan basket. Sekali waktu, ada beberapa yang mencoba menelanjangi gue, tetapi karena gue terlalu berat, mereka akhirnya menyerah. Hahaha!

henry2

Dulu waktu SMA udah kepikiran jadi penulis?

Waktu SMA belom. Kepikirannya masih jadi superhero bertopeng gitu, hehehe. Kepikiran menulis, sesudah gue mulai nge-blog.

Dulu kan Om Piring kuliah di jurusan Akuntansi, kenapa pekerjan yang sekarang bisa jauh banget sama jurusan jaman kuliah?

Karena dulu ngambil kuliahnya ga mikir, karena waktu lulus SMA belum tahu passion dan interest gue apaan. Jadinya, nurut aja sama anjuran bokap supaya ngambil akuntansi. Katanya,  supaya gampang dapet kerjaan. Bener sih, langsung dapet kerjaan pas lulus. Tapi kok bosen ya,  kerja pake Excel melulu. Akhirnya pindah ke marketing, terus ke advertising.

Sebenernya apa sih passionnya Om Piring?

Jadi anggota The Avengers, hahaha. Selain itu, membaca buku sains, nge-blog, bahkan mengajar. Gue senang kalo bisa membantu orang mengerti konsep yang sulit dengan bahasa yang sederhana.

Sejak kapan sih, Om Piring menyadari punya passion itu?

Yang mana nih? Kalo jadi Avengers setelah ngeliat pemeran Black Widow….Hahaha.

Om Piring juga suka nulis, sejak kapan nih suka nulis?

Bisa dibilang sejak 2005, waktu gue mulai ngeblog. Gue senang bisa mencurahkan pikiran dan ide-ide gue. Selain itu, karena gue sering nge-blog dalam bahasa Inggris, buat gue itu sarana latihan menulis dalam bahasa Inggris.

Kenapa sih bukunya harus berhubungan dengan riset?

Karena pekerjaan gue dulu adalah di bidang riset dan survey konsumen. Gue senang cari tahu opini orang-orang tentang segala sesuatu. Selain itu, buku yang berbasis riset artinya bukan pendapat gue pribadi yang subyektif, tetapi pendapat banyak orang lain juga.

henry3

Kenapa kepikiran bikin buku tentang kehidupan sehari-hari?

Tadinya punya ide keren tentang kisah seorang tukang sihir muda yang punya musuh tukang sihir jahat yang ga punya hidung. Tapi ide itu keburu diambil penulis lain. Jadi ya sudah lah, topik sehari-hari aja.

Pernah kepikiran nulis cerita yang lain ga, kayak misalnya novel, cerpen atau kisah sukses?

Gue punya impian menulis fiksi, dan idenya udah ada. Keren lho idenya (promosi sendiri). Sayangnya,  susah nyari waktu untuk menulis kalo kita punya pekerjaan full-time.

Menurut Om Piring generasi remaja sekarang gimana sih?

Baik-baik aja. Kreatif, pinter, dan entreprenurial. Cuma,  kurangin sedikit saja pamer hal ga penting di socmed dan gunakan waktu cari ide-ide orisinil.

Menurut Om Piring anak SMA dan sosial media sekarang seperti apa kedekatannya?

Terlalu dekat. Positifnya sebenarnya banyak, tetap ada negatifnya juga, kayak bullying, atau terlalu banyak PAP (Post a Picture).

Kalo disuruh ngurutin dari 1 sampai 5 apa sosial media favorit Om Piring?

Twitter, ask.fm, Instagram, Facebook, Path. Eh, Tinder itu sosial media bukan?

Sosial media apa yang menurut Om Piring paling usefull?

Twitter, untuk informasi dan hiburan. Buat adik-adik SMA, ask.fm bisa jadi berguna kalo lo bertanya sama orang yang tepat, dan pertanyaan lo cerdas.

Menurut Om Piring, tools apa yang belum ada di sosial media dan Om Piring pengin banget ada?

Tools mengetahui apakah sebuah rayuan itu tulus atau hanya sepikan

Menurut Om Piring apa prestasi terbesar yang udah diraih?

Ga ketangkep KPK sampai saat ini, hahaha.

Om Piring punya prestasi  atau mimpi yang masih belum kesampean? Ceritain dong ke OUCH!

Selain dibuatin lagu sama Taylor Swift, gue masih pengin menulis buku gue yang ketiga. Doain dong! Dan sponsorin! Hehehe.

Gimana, seru banget kan ngobrol-ngobrolnya OUCH! sama Om Piring Sob?  Kalo pengin tau lebih dalem tentang doi, lo bisa follow Twitternya @newsplatter atau langsung intip aja blognya, www.manampiring17.wordpress.com

Share Button


Comments


Leave a Comment