Sa’Senorita Samannya Anak SMAN 112 Jakarta


Share Button

Kkkkkrrrrrriiiiiiiyyyyyaaa……

Begitulah teriakan yang biasa didengar ketika eskul saman di SMAN 112 sedang tampil ataupun sekedar berlatih. Sebenernya SAMAN itu sendiri apa sih? Saman itu sendiri adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilin untuk ngerayain peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Nah, karena saman beraliih makna jadi sebuah kesenian tari dari Aceh, maka banyak orang yang tertarik untuk bisa jadi bagian dari penari saman itu.

Sama halnya nih dengan eskul saman di SMAN 112, banyak banget orang-orang yang rela antri buat ikut audisinya. Bayangin, eskulnya aja pake diaudisi, berarti otomatis eskul ini emang udah T.O.P banget kan? Hahaha. ‘Kita kan mencari orang yang bener-bener sesuai dengan kriteria yang cocok, jadi nanti gerakannya juga biar seragam’, kata Shakiyah selaku ketua dari eskul saman ini.

Audisi biasanya dilakukan seminggu full, dan biasanya banyak terjadi perbedaan cara menilai yang dilakukan oleh kakak-kakak alumni eskul saman ini. Kriteria itu sendiri meliputi kekompakan, kerapihan, senyum, dan luwesnya badan ketika sedang menari. Di eskul ini rasa kekeluargaan dan tanggung jawab juga sangat ditekankan untuk membangun satu tim yang kompak.

Oh iya, Saman di SMAN 112 juga udah sering nyumbang banyak piala lho. Baru-baru ini aja jadi juara 3 di SMA Yadika 5, juara 2 di UMB (Universitas Mercu Buana), dan juara 2 di SMAN 65. Kurang banyak apa coba? Belum lagi Saman di SMAN 112 ini dilatih langsung sama Syekh Taufik, yang emang udah melanglang buana melatih Saman dimana-mana.

Ga cuma itu, Saman di SMAN 112  juga sering dipanggil buat ngisi acara-acara gitu lho Sob, misalnya mereka pernah tampil di Menara 165, tampil di Walikota Jakarta Barat, tampil diWisuda kakak kelas kemarin, dan yang paling gress banget nih, mereka disuruh ngajar di British International School. Gila ga tuh?

“Gue seneng banget waktu disuruh ngajarin anak-anak di British International School, mereka antusias banget sama apa yang kita ajarin. Mereka juga mau tahu banget tentang sejarah tarian Saman itu sendiri. Tapi sayangnya kita agak terbentur sama bahasa mereka, soalnya bahasa Inggris kita kan ga sejago mereka, heheh..”ungkap Syifa Aulia sebagai salah satu anggota tim saman yang mengajar.

Hmm, keren banget kan anak-anak  Sa’Senoritanya dari SMAN 112 ini. Applause dulu lah kalo begitcuuuuh..

Buat Ouchers, yang eskulnya mau diliput di OUCH! boleh banget lho! Kalian cuma tinggal email dan nyeritain tentang eskul kalian yang keren itu ke ouch@mycakrawala.com dengan subject eskul.

Share Button

Vidette Glasses

a bit of this a bit of that .. HAHAH

More Posts - Website - Twitter - Pinterest - Google Plus



Comments


Leave a Comment