Ortu Ngelarang Masuk Jurusan Kuliah Pilihan Lo


Share Button

beda-jurusan-cover

Nego jurusan kuliah udah kayak nego calon mantu. Ribetnya minta ampun. Gitu deh kalo lo ngobrol jurusan kuliah sama ortu. Sering kan jurusan kuliah yang udah lo pilih, ternyata beda pilihan sama ortu. Nah, biasanya, apa aja sih alasan yang dipake ortu pas ngelarang lo masuk jurusan kuliah pilihan lo.

1. Biaya Tinggi

Saat cita-cita dihadepin sama uang, rasanya agak-agak gimana gitu. Bayangin deh, pas lo punya cita-cita masuk jurusan kuliah Kedokteran (misalnya Sob), tiba-tiba lo dapet halangan dari ortu karena biaya kuliah yang terlalu mahal. Rasanya nyesek kan.

“Udah, Nak… kalo bisa jangan masuk Kedokteran ya. Mahal!!!” Gubrak! Lo yang dapet larangan model begini, bisa kok tetep merjuangin jurusan favorit lo. Caranya, lo harus rajin-rajin cari beasiswa. Lo bisa coba dapetin beasiswa berprestasi, beasiswa bagi pelajar kurang mampu, dan beasiswa lainnya.

Foto: www.heidelbergerlaw.com

Foto: www.heidelbergerlaw.com

2. Khawatir Pergaulan

“Mau masuk jurusan apa?”

“Musik….”

“Musik? Mama ga ngizinin.”

Cita-cita sih jadi musisi. Tapi lo gagal nego ke ortu buat masuk jurusan musik karena mereka takut pergaulan lo jadi ga beres. Ga bermaksud ngomenin yang negatif soal jurusan musik sih. Tapi, ortu emang sering banget ngelarang anaknya masuk jurusan kuliah musik dan seni lainnya. Kebanyakan karena takut pergaulan anaknya makin bebas dan ga teratur.

Lo yang gagal nego masuk jurusan musik, bisa kok tetep ngembangin skill bermusik lo lewat komunitas atau kursus musik. Setuju ga?

Foto: matome.naver.jp

Foto: matome.naver.jp

Baca: 7 Hal Ini Mempengaruhi Lo Pas Pilih Jurusan Kuliah

3. Peluang Kerja

Bukan karena matre, tapi ortu juga penn lo pas lulus nanti cepet dapet kerjaan. Ini udah jadi alasan yang standar banget Sob. Ortu lo pasti ngarahin lo buat masuk jurusan kuliah yang peluang kerjanya lumayan gede.

“Masuk jurusan ini aja, Kak, nanti nyari kerjanya biar gampang,” ucap ortu lo. Selagi jurusan tersebut cocok sama minat dan kemampuan lo, ambil aja Sob. Tapi, kalo emang lo ngerasa ga “bisa” banget masuk jurusan kuliah pilihan ortu lo, yah, lagi-lagi lo harus nego Sob.

Foto: konsultan-pemberdayaan.blogspot.com

Foto: konsultan-pemberdayaan.blogspot.com

Beda pendapat sama ortu itu wajar sih Sob. Bersyukur banget lo yang bisa satu pendapat sama ortu soal jurusan kuliah. Buat yang beda pendapat, keep enjoy sama jurusan kuliahnya aja ya. Lo harus tetep fokus sama tujuan lo.

Baca: 7 Jurusan Seni Buat Lo yang Ngaku Kreatif

Share Button


Comments


Leave a Comment