Ryan Hreljac, Rajin Nabung Sejak 6 Tahun Buat Ngebantu Orang Lain


Share Button

ryan 4

Pernah ga sih ngerasa susah nyisihin uang buat nabung? Tiap kali diingetin buat nabung, jawaban yang sering keluar, “Entar aja deh”. Kalo emang lo sering ngalami masalah kayak gini, lo harus belajar sama Ryan Hreljac, Sob. Cowok satu ini, udah nabung dari usia 6 tahun.

Pertama baca kisah dari Ryan Hreljac, lo langsung dibikin kagum sama doi Sob. Ga cuma karena sikap doi yang rajin nabung sejak 6 tahun, tapi, doi juga punya hati yang baik banget Sob. Gimana ga baik, uang yang ditabung oleh Ryan sejak enam tahun, bukan buat doi pribadi. Nah terus buat siapa nih?

Gini awal ceritanya. Pas Ryan Hreljac masih duduk di bangku TK, doi denger cerita dari gurunya kalo anak-anak di salah satu desa di Uganda harus jalan jauh buat dapetin air. Mereka jalan beberapa kilo buat dapet air minum Sob. Cerita tersebut ternyata bikin Ryan keinget terus.

Saat usianya masuk 6 tahun, doi mulai nyisihin uangnya buat nabung. Cowok asli Kanada ini, pengin ngebantu anak-anak kecil di Uganda agar dapat air minum dengan mudah. So, Ryan pengin nabung agar bisa bikin sumur agar bisa ngebantu anak-anak di daerah tersebut.

Ryan-cover2

Baca: Sabrina Gonzalez, Cewek Cantik yang Dijuluki The Next Einstein

Berhubung Ryan masih kecil, doi nganggep biaya buat bikin sumur itu murah. Pikir doi, bikin sumur cuma makan biaya 70 dolar (sekitar Rp 973 ribu ). Tapi ternyata mahal Sob, sampe 2000 dolar (sekitar Rp 27.000.000). Meski mahal, doi ternyata tetep semangat buat nabung.

FYI nih Sob, saat doi masuk usia 9 tahun, Ryan Hreljac berhasil ngeraih target itu. Doi dan sahabat penanya dari Uganda, Jimmy, pergi ke Uganda buat bikin sumur. Waktu itu, aksi Ryan ini diliput oleh kru film dokumenter Sob.

Sekarang doi udah berusia 24 tahun. Lewat Ryan’s Well Foundation, cowok kece ini udah bikin 927 proyek buat ngebantu kekurangan air.

Baca: Dapur Keren Punya SMK Lazuardi GIS

Share Button


Comments


Leave a Comment