Resolusi Gue di 2015 Bisa Masuk Sekolah Pilot, Kalo Lo?


Share Button

pilot

Apa resolusi lo di 2015, Sob? Canisius Ivan, salah satu Dutch kita ini udah tahu apa yang jadi resolusinya di tahun ini. Apa tuh? Simak ceritanya!

Kalau ditanya apa resolusi gue di 2015, gue pengen lulus SMA dan mengejar cita-cita jadi pilot. Alasan kenapa gue kepengen jadi pilot karena profesi ini sangat menjanjikan, terutama untuk Indonesia yang saat ini membutuhkan penerbang-penerbang terbaiknya di angkasa.

Dari sekitar 1000-an pilot yang dibutuhkan Indonesia pertahunnya, sekolah penerbangan di negeri ini hanya sanggup memenuhi permintaan sekitar 100 pilot. Ga heran kalau akhirnya, Indonesia malah merekrut orang-orang asing untuk mengisi kebutuhan profesi. Alasan lain gue pengen jadi pilot karena gajinya lumayan besar lho! Bisa dibilang saat lo jadi pilot, udah pasti masa depan lo, keluarga, sampe cucu-cucu lo terjamin deh. Heheheā€¦

Selain itu, pelatihan buat jadi pilot juga ga lama. Banyak lulusan sekolah pilot sekarang yang selesai dalam waktu setahun, bahkan kurang. Setelah lulus dari akademi dan mendapatkan sertifikat Private Pilot Lisence (PPL), lo tinggal mendaftar kerja di sebuah maskapai. Di maskapai ini, lo bakal ngikutin training berikutnya buat ngedapatin Commercial Pilot Lisence (CPL). CPL yang lo dapat disesuaikan dengan jenis pesawat yang bakal dibawa di maskapai tersebut.

IMG_6268

Buat lo yang ga suka kuliah di dalam ruangan, pilot jadi profesi menarik! Apalagi selama masa training ini, lo juga bakal digaji. Ibaratnya nih, pas teman-teman seumuran masih bergulat dengan skripsinya dan kuliah, lo malah udah bisa nyari duit dan bersenang-senang di atas udara!

Sayangnya, jadi pilot itu ga mudah! Buat masuk ke sekolah pilot aja, lo harus ngelewatin 4 macam tes berbeda. Ada tes psikotes dan pelajaran, tes bahasa inggris (TOEIC), tes aeromedex atau kesehatan, serta tes fisik. Jadi dari ujung rambut sampai ujung jari kaki tuh harus bisa seperfect mungkin, supaya lolos.

Makanya banyak orang yang kadang harus ngejalani tes berkali-kali, sebelum akhirnya di terima di sekolah pilot. Penyaringannya emang ketat banget dan butuh biaya mahal. Kalo untuk biaya kurang lebih bisa ngabisin sekitar 700-an juta. Kaget kan pasti lo baca angkanya?! Tapi, tenang aja. Waktu kuliah yang cepat banget, lapangan pekerjaan yang terbuka luas, dan gaji yang menjanjikan, dijamin ga rugi buat punya cita-cita jadi pilot. Kalo lo, apa cita-cita dan resolusi 2015 lo, Sob?

Penulis: Canisius Ivan

Share Button


Comments


Leave a Comment