Pilih Kuliah, Kerja atau Nikah Setelah Lulus SMA Itu Ga Salah


Share Button

kuliah kerja atau nikah?

Selain duit, kuliah juga perlu yang namanya niat buat dijalanin; jangan sampai lo kuliah cuma karena alasan ikutan temen, pacar atau sekedar daripada gak ada kerjaan.

Pilihan lo setelah lulus dari SMA memang gak banyak, antara nerusin kuliah, ambil kerja atau nikah. Dan ketiganya gak ada yang paling benar atau salah karena ketiga pilihan itu mesti disesuaikan kondisi lo masing-masing.

Ada beberapa orang yang mungkin cocoknya langsung nikah dulu karena dah lama pacaran sama orang dan memang dah siap bangeeet; itu gak salah dan gak malu-maluin kok. Justru bakal enak banget karena udah halal lan toyiban, bebas bro!

Ada juga yang cocoknya ambil kerja dulu buat nambah biaya kuliah atau cari pengalaman, kalo sekarang sih dah banyak tuh anak SMA yang punya bisnis sendiri jadi pas lulus sekolah bisa nyambi kerja buat nutup kuliahnya sendiri.

Yang paling umum setelah lulus SMA ya nerusin kuliah, rata-rata bokap nyokap juga pengennya anaknya kuliah; katanya sih biar dapet kerjaan yang bener gitu.

Baguslah kalo lo dah tentukan pilihan dari awal sekolah, tapi buat lo yang masih bingung antara kuliah, kerja atau nikah. Kita bakal bantu kasih apa aja untung-rugi dari ketiga pilihan itu.

 

 

Kuliah
Untuk lulus kuliah S1 itu normalnya butuh waktu 4 tahun, dan biayanya gak murah; kalo tiap semester itu biayanya 8 juta, berarti total biaya kuliah itu 64 juta belum termasuk duit pangkal masuk dan jajan lo sehari-hari. Bisa jadi kalau ditotal lebih dari 100 juta tuh. Anggap aja biaya 100 juta dan waktu 4 tahun buat kuliah itu investasi masa depan apalagi buat lo yang mau cari beasiswa kuliah di luar negeri.

Modal kuliah memang gede, tapi yang bisa lo dapetin dari kuliah pun cukup sebanding kok. Misalnya:
Ijazah negara. Ini adalah bukti yang diakui negara kalau lo kompeten di bidang ilmu jurusan. Tentunya orang yang berijazah dengan tanpa ijazah di atas kertas lebih tinggi orang berijazah, tapi bukan berarti orang tanpa ijazah itu gak kompeten ya.

Jaringan sosial. Selama kuliah lo bakal ketemu banyak teman dan dapet banyak kesempatan sebagai mahasiswa yang belum tentu didapet sama orang yang gak kuliah. Jaringan pertemanan ini yang bisa bantu lo nanti selepas lulus kuliah, jadi kalo udah kuliah jangan sekedar kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) lah.

 
Kerja
Kerja di sini gak melulu di kantoran atau di pabrik ya, kerja bisa juga dengan bikin bisnis sendiri; misalnya buka distro atau buka warung tenda makanan. Gak sedikit lho orang yang gak kuliah tapi sukses berat, misalnya Top Ittipat penemu snack rumput laut Tae Kae Noi.

Top Ittipat

Modal kerja itu kemampuan & kemauan, bukan berarti lo lulusan SMA gak bisa kerja cari duit banyak. Yang bisa lo dapet dari dunia kerja setelah lulus SMA adalah:

Pengalaman kerja. Sudah tentulah ya, dunia kerja bisa kasih lo perspektif yang beda soal hidup. Seenggaknya lo bakal lebih menghargai apa sih artinya duit buat lo, karena buat dapetinnya lo mesti banting tulang dan putar otak. Semakin lama kerja, lo juga bakal lebih lihai di bidang pekerjaan lo dibanding temen sebaya yang masih kuliah.

Itu yang jadi modal lo buat bersaing sama anak-anak lulusan kampus, mereka memang punya kompetensi di teori ilmu tapi lo yang milih kerja punya kemampuan praktek.

Jenjang gaji dan karir. Rata-rata perusahaan memang nilai anak lulusan SMA lebih rendah gajinya dibanding lulusan kuliah, tapi bukan berarti lo yang sudah punya pengalaman kerja gak bisa digaji lebih tinggi (atau sama lah) dari lulusan kuliah. Kalo lo emang kompeten banget di bidang pekerjaan lo, bukan gak mungkin perusahaan bakal kasih gaji tinggi walaupun lo cuma lulusan SMA.

 
Nikah
Entah berapa banyak anak lulusan SMA yang pilih nikah dulu, tapi bukan berarti gak ada; karena kalo lo lihat di daerah jauh dari Jakarta banyak lulusan SMA yang langsung dinikahin sama orang tuanya.

untung rugi pernikahan dini

tapi gak begini juga sih kalau mau nikah

Ada juga yang nikah terus kuliah… bebas sih, itu pilihan masing-masing orang. Kalo lo udah nikah, artinya lo punya tanggung jawab lebih dibanding temen-temen lo lainnya. Karena lo dah punya istri/suami yang mesti lo kasih makan. Yang mesti diperhatiin kalo lo pilih nikah setelah lulus sekolah adalah:

Rencana anak. Paling penting setelah nikah adalah rencanain kapan mau punya anak, karena kalau terlalu cepat lo juga yang bakal repot karena lo kan masih muda juga kan.

Tanggung Jawab. Bukan berarti nikah itu bikin lo gak bebas, tapi nikah itu bikin lo lebih bertanggung jawab sama kelakuan. Bisa jadi, setelah nikah lo bakal jadi lebih dewasa dalam hadapi masalah dibanding temen lo yang masih gak tahu pacaran anak SMA itu boleh ngapain aja.

Nah.. Dari ketiga pilihan; kuliah, kerja dan nikah itu mana yang bakal lo pilih?

Share Button


Comments


Leave a Comment