Perbedaan Jenis Produk Hair styling Yang Ada di Pasaran


Share Button

mengenal jenis produk hair styling

Bagi kamu, pria keren pasti sangat memperhatikan tatanan rambut bukan? Nah, biasanya kamu akan memilih wax atau gel untuk membuat rambutmu tampil oke. Namun, tidak semua pria tahu produk yang cocok dengan rambut mereka.

Sebaiknya, kamu berhati-hati dalam memilih produk hair styling karena salah pilih produk bisa berdampak serius pada rambut indahmu.  Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis produk hair styling.

 

Hair Wax

Hair wax membuat rambut dapat ditata dengan mudah karena di dalam wax terkandung minyak wax yang dapat dengan udah menyebar ke seluruh bagian rambut sehingga rambutmu dapat tampil trendi tanpa rasa lengket.

 

Hair Spray

Hair Spray biasanya digunakan untuk mempertahankan bentuk tatanan rambut yang telah dibuat. Biasanya digunakan setelah rambut selesai ditata.

 

Hair Foam

Hair Foam cocok untuk rambut yang bergelombang karena dapat membuat rambut tertata dengan natural.

 

Pomade

Mixed Based Pomades

David W. Cannel dari R&D di Redken Laboratories mengatakan, pomade awalnya dibuat khusus untuk calon pengantin laki-laki untuk memberikan efek shiny. Awalnya pomade dibuat menggunakan bahan minyak, namun sekarang banyak pomade waterbased yang berguna untuk memudahkan proses pembersihan.

Baca: Mengenal Jenis Pomade Sesuai Tipe Rambut

 

Hair Cream

Setting agent yang ada pada hair cream dapat mempengaruhi daya set pada rambutmu. Hair cream dapat membuat rambutmu berkilau berkat kandungan minyaknya. Di dalam hair cream, ada yang menambahkan bahan seperti minyak zaitu, chamomile, dan sebagainya

 

Hair Gel / Water Gloss

Hair gel atau water gloss dapat membuat rambutmu basah dan berkilau karena mengandung air. Namun, karena kandungan air inilah gel tidak dapat bertahan lama. Walaupun tidak bertahan lama, gel ini sangat mudah untuk dibersihkan. Berbeda jika bahan dasarnya adalah minyak mungkin butuh 2-3 kali keramas.

 

Gel

Gel memiliki tingkat kekuatan yang dapat dipilih mulai dari yang paling kuat hingga kurang kuat. Gel biasanya digunakan pada rambut yang masih basah untuk menjaga bentuk rambut agar tetap rapi dan mengkilap. Jika ingin menghasilakan rambut yang sedikit bergelombang pilihlah gel yang kuat. Namun, beberapa gel terkadang menghasilkan serpihan putih ketika disisir  yang membuat seseorang menjadi tidak pede sehingga pilihlah gel yang tidak terlalu kuat.

 

Wax

Wax merupakan salah satu produk hair styling yang serbaguna karena cocok untuk rambut yang berantakan bahkan saat bangun tidur. Produk wax ada yang memberikan hasil akhir shiny atau matte. Wax digunakan untuk mempertegas layer pada rambut yang sedikit basah atau kering. Burton Matcher seorang hircutter di Los Angeles menyarankan penggunaan wax untuk rambut lurus maupun sedikit bergelombang karena cenderung menggumpal. Dengan wax, rambut lebih mudah di styling ulang karena lebih lentur.

 

Pilihlah produk berdasarkan tekstur rambut yang kamu miliki. Kalau rambutmu pendek namun menginginkan rambut yang berdiri dan halus pilihlah gel atau wax yang strong. Kamu yang memiliki rambut panjang lebih beruntung karena bisa memilih banyak pilihan, tergantung kamu rambutmu mau diatur bagaimana. Bagi kamu yang rambutnya tipis, jangan gunakan produk yang dapat memberatkan rambut anda seperti pomade dan cream.

Baca: Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Rusak

Selain itu untuk mengaplikasikan produk hair styling seperti wax, cream, maupun gel janganlah langsung diletakkan pada rambut tetapi letakkan dulu di tangan lalu gosok dan oleskan ke rambut dari belakang kepala ke depan.

Ditulis oleh: Jeffry Tie

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


Leave a Comment