Orientasi Kehidupan Kampus UI 2017


Share Button

Acara puncak OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) UI 2017 telah dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2017 dengan sukses dan meriah. Tri Rismaharini (Gubernur Surabaya) menjadi tamu spesial dalam acara puncak OKK UI 2017 untuk menyampaikan materi tentang “Peran Pemuda dalam Membangun Indonesia” kepada para Mahasiswa UI Angkatan 2017. Selain Tri Rismaharini, OKK UI 2017 juga menghadirkan Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Bambang Brodjonegoro (Kepala BAPPENAS) untuk menyampaikan materi “Menjadi Manusia Berbangsa.

Penyanyi Kunto Aji juga menjadi tamu spesial di acara puncak OKK UI dan menyanyikan tiga buah lagu. Setelah itu, pada acara puncak OKK UI, mahasiswa UI angkatan 2017 membuat konfigurasi yang membentuk tulisan “jiwa raga kami”, melambangkan antusiasme mahasiswa baru untuk mempersembahkan jiwa dan raganya demi membangun UI dan Indonesia, seperti pesan yang tersurat dalam lagu “Bagimu Negeri”. Lagu “Bagimu Negeri” dinyanyikan oleh 8000 Anagata saat membuat konfigurasi untuk membangkitkan rasa persatuan dan nasionalisme.

Tahun ini OKK membawa nilai “Semangat Satu UI”. Sebab, Universitas Indonesia memiliki mahasiswa yang berasal dari latar belakang suku, ras, agama, jurusan, dan pemikiran yang beragam dan akan menghasilkan kebermanfaatan yang lebih luas bagi Indonesia jika berkolaborasi dan bersatu karena memiliki kesadaran bahwa mereka adalah “Satu UI”. Untuk menanamkan nilai tersebut, OKK UI 2017 mengibaratkan UI sebagai sebuah kerajaan yang bernama MahamerUI dan terdiri atas kerajaan-kerajaan kecil yang harus bersatu demi terciptanya kolaborasi. Konsep “Kerajaan MahamerUI” ini diimplementasikan dalam keseluruhan rangkaian acara OKK UI 2017, termasuk dalam penyebutan Mahasiswa UI Angkatan 2017 sebagai Anagata yang artinya adalah “masa depan” dalam bahasa Sansekerta, penyebutan divisi-divisi di kepanitiaan OKK UI 2017 yang diibaratkan sebagai bagian-bagian kerajaan, serta teater tentang Kerajaan MahamerUI yang ditampilkan dalam acara puncak OKK UI 2017. Setelah terselenggaranya seluruh rangkaian acara, OKK UI 2017 mengharapkan terciptanya kolaborasi dan persatuan dalam atmosfer “Semangat Satu UI” oleh mahasiswa UI angkatan 2017 demi terciptanya kebermanfaatan yang lebih luas bagi Indonesia.

Share Button


Comments


Leave a Comment