Orang Bungkuk Rentan Depresi


Share Button

Lo pernah ga ditegor karena postur tubuh lo yang bungkuk? Bungkuk itu ternyata bakal bikin persepsi seseorang yang ngeliat lo sebagai orang yang malas, ga berkompeten, dan malu. Kebiasaan bungkuk juga bisa mempengaruhi mood dan keadaan mental juga lho.

Sebuah penelitian di San Fransisco, nunjukin kalo remaja yang berjalan dengan punggung membungkuk seringkali ngerasa lebih galau dan depresi, juga punya energi yang lebih rendah dibanding remaja seusia yang berjalan tegak.

“Bahasa tubuh kita merefleksikan koneksi antara postur dan keadaan emosional. Seseorang yang lemah dan depresi sering banget membungkuk, sementara orang yang merasa percaya diri dan bangga pada dirinya berdiri dengan tegak,” jelas Carol Krucoff, guru yoga dan penulis buku Healing Yoga for Neck and Shoulder.

Sebuah penelitian lain di Harvard nunjukkin kalo orang yang duduk tegak dan percaya diri meningkatkan hormon testosteron hingga 20 persen dan menurunkan hormon kortisol (penyebab depresi) hingga 25 persen. Kebalikannya, orang yang duduk membungkuk mengalami penurunan hormon testosteron 10 persen dan peningkatan hormon kortisol 15 persen.

Nah, mulai sekarang hilangin kebiasaan lo membungkuk ya Sob. Belajar tegak, biar lebih percaya diri J

Share Button


Comments


Leave a Comment