Obat Galau Jurusan Kuliah!


Share Button

obat galau jurusan 1

Tahu ga sih Sob, awal Agustus kemarin “galau jurusan” sempat menjadi trending topic Indonesia, lho! Setelah gue kepoin, ternyata emang banyak calon mahasiswa pengguna Twitter yang terkena penyakit Galau Jurusan Kuliah (GJK) ini. Belum lagi Ask.fm makin memperkuat dugaan gue, kalau luar sana ada jutaan *lebay* anak SMA, MA, dan SMK (Putih Abu-abu) yang masih bingung dan galau buat milih jurusan kuliah. Jadi pertanyaan utamanya, “Kenapa bisa galau?”

Setelah baca sana-sini, akhirnya gue simpulin ada tiga penyebab Galau Jurusan Kuliah (GJK) ini:

 

obat galau jurusan 2

Belum Punya Visi dan Cita-Cita yang Jelas

Visi dan cita-cita itu ibaratnya motivasi dan tujuan usaha lo, Sob. Ini daya dorong buat lo untuk terus berkarya. Tsaahh…

Banyaknya tugas sekolah, PR, dan les ini itu makin mengurangi waktu Putih Abu-abu mengereksplorasi minat dan bakat. Intinya, lo sebagai siswa kekurangan waktu untuk mencari tahu dan mempersiapkan gambaran besar kehidupan setelah lulus SMA, MA, atau SMK. Kita terlampau sering diwanti soal UN dan rapor. “Supaya gampang dapat kuliah”, katanya. Tapi, buat apa kuliah jika “salah jurusan”?

Makanya, gunakan waktu luang untuk mencoba hal-hal baru dan pastinya sesuai sama minat atau bakat lo. Mulai dari gabung dengan ekskul-ekskul menarik, ikut kepanitiaan, daftar lomba atau proyek luar kelas, jadi pengurus organisasi siswa, dan main-main ke kampus dan komunitas-komunitas di kota lo. Dari sini lo jadi tahu apa yang lo suka dang a suka. Live your life experimentally!

 

Minimnya Referensi Jurusan Kuliah

Biasanya, sama siapa lo minta saran tentang jurusan kuliah? Pasti orang pertama yang bakal lo tanya antara orang tua, guru BK, dan saudara yang lebih tua. Sayangnya, informasi yang mereka miliki kadang terbatas dan bias. Setiap orang, mahasiswa atau sudah bekerja, punya lingkar pertemanan dari berbagai jurusan. Setiap orang tahu beberapa hal terkait jurusan teman-temannya. Tapi mungkin hanya luarnya saja.

Nah, cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang komprehensif dan minim bias adalah dengan bertanya langsung ke mahasiswa atau alumni sebuah jurusan. Dimana lo bisa menemukan mereka? Di kampus atau di sebuah sesi networking. Tapi, peluang bertemu mereka kecil dan dibutuhkan usaha yang besar. Alternatifnya adalah mencari tahu lewat internet. Lo bisa mencari tahu informasi jurusan yang lo mau di masing-masing website kampus/fakultas terkait atau ke jurusankuliah.net yang telah mengumpulkan review hampir semua jurusan yang ada di Indonesia.

Lo juga bisa buka jurusankuliah.tumblr.com yang isinya kumpulan cerita tentang kuliah. Dalam blog ini, lo bisa tahu cerita sedih dan seru kuliah di berbagai jurusan langsung dari “pelaku”nya, sampai cerita tentang galau jurusan yang mereka pernah hadapi juga waktu masih jadi Putih Abu Abu.

 

Konflik Internal dan Eksternal

Konflik internal biasanya muncul dari diri lo sendiri. Sementara eksternal bisa berasal dari orang tua, guru, saudara, keluarga besar, teman, sahabat, atau pacar. Konflik itu wajar dan harus dihadapi. Dalam hal ini lo punya kepentingan untuk diperjuangkan. Toh, pada akhirnya, lo yang akan menjalani resolusi dari konflik internal-eksternal ini. Maka dari itu siapkan argumen-argumen sebelum “berperang” dengan santun. Orang tua hanya butuh diyakinkan kok, bahwa lo akan baik-baik saja, sukses, dan tidak berkekurangan setelah selesai dari pendidikan. Orang tua kita ingin “pulang” dengan tiada membawa kekuatiran.

 

obat galau jurusan kuliah

Biar ga galau jurusan, lo bisa coba beberapa tips ini.

1) Cari tahu minat dan bakat segera. Minat yang lo inginkan. Bakat yang lo bisa. Lo bisa memilih dalam koridor keduanya atau salah satu, Sob.

2) Tunjukkan niat. Kalau udah tahu apa mau lo, sekarang waktunya tunjukin kalo lo emang berusaha buat jadi pintar di sebuah bidang. Misalnya lo mau masuk DKV, mulai tunjukin karya lo sama teman-teman dan orang sekitar.

3) Bersiaplah untuk segala kemungkinan. Bisa jadi lo mungkin gagal belajar di jurusan yang diminati. Be prepared dan ambil hikmahnya aja. Lo bisa menjadikan ini sebagai hobi atau kerjaan sampingan yang lo lakuin sambil kuliah.

 

Sekarang, udah ga ada lagi alasan buat lo galau jurusan kuliah. Sebagai calon mahasiswa, lo harus bijak mutusin bidang keilmuan mana yang mau ditekuni di bangku kuliah. Kuliah nggak sebentar dan nggak murah. Jadi rencanain dengan bijak dan matang ya, Sob!

 

Mau tulisan lo dimuat di Majalah OUCH!? Buruan kirim cerita pendek, artikel, atau tulisan seru lo ke email: OUCH@mycakrawala.com.
(*)
Ditulis oleh: Bening Tirta Muhammad

Inisiator blog jurusankuliah.tumblr.com

galaujurusan@yahoo.com

Share Button

Comments


Leave a Comment