Nyeri Payudara Sebelah Kiri, Kenapa?


Share Button

ca

Halo Madam. Gue Izzurah, usia gue sekarang 24 tahun. Gue baca di website majalahouch.com yang bahas tentang payudara. Gue mau nanya ya Madam. Jadi beberapa hari ini udah sekitar 5 hari payudara gue kerasa sakit, apalagi kalau ditekan bagian putingnya. Sekarang malah tambah sakit kalau ditekan semuanya sampai di bagian ketiak.

Gue udah coba praktekkin yang Madam bahas di website, gimana cara cek payudara dan gue ga nemuin benjolan. Tapi sakit banget kalau di tekan, pas olahraga lari juga kerasa sakitnya Madam. Untuk perubahan payudara, cuma agak sedikit bengkak tapi ga ada perubahan di warna kulit atau puting payudara. Anehnya, sakitnya cuma sebelah aja di bagian sebelah kiri. Kira-kira gue kenapa ya Madam? Oh ya gue pernah sih periksa ke dokter tahun lalu dan ternyata normal aja ga ada tanda-tanda tumor atau kanker. Kira-kira itu ada hubungannya sama siklus datang bulan gue ga ya Madam? Tolong dijawab ya. Terima kasih.

Qujawasli@gmail.com via ouch@mycakrawala.com 

Halo Izzurah. Seperti yang lo udah baca di artikel ini Payudara Besar Sebelah dan Nyeri, Bahayakah? ada beberapa penyebab yang bisa bikin payudara terasa sakit. Seperti infeksi atau radang pada payudara, yang ini biasanya dibarengin sama demam. Terus bisa juga karena hormon, nah nyeri yang disebabin sama hormon ini biasanya terjadi kalau menjelan haid. Nah yang terakhir adalah adanya pertumbuhan yang ga wajar, kayak ada tumor atau benjolan kanker.

Kalau menurut Madam berdasarkan cerita lo, karena lo berasa sakit mendekati siklus haid. Bisa jadi rasa sakit yang lo alamin karena emang hormon lo yang lagi meningkat. Jadi saran Madam kalau lagi kerasa sakit, coba hindarin dulu pake bra terlalu kenceng. Ketika olahraga pakai sport bra dengan ukuran yang pas biar payudara lo tersangga dengan baik. Atau kalau emang bener-bener sakit, mungkin lo bisa kurangin dulu olahraga yang berat. Lo bisa ganti dengan jalan-jalan santai disekitar rumah.

Kalau rasa sakit itu masih berlanjut sampe lo selesai haid. Saran Madam adalah segera periksa ke Dokter. Coba cek bagian lain, karena lo bilang yang sakit hanya yang sebelah kiri, coba cek organ tubuh lo bagian kiri. Hal itu bisa jadi berhubungan sama jantung, pencernaan atau memang masalah otot lengan sebelah kiri. Gimana Izzurah? semoga jawaban Madam bisa menjawab rasa ingin tau lo ya.

Baca : Obat Anti Stress Sebelum Ujian

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan,atau masalah sekolah daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

 

 

 

Share Button


Comments


Leave a Comment