Ngintip Rahasia Sukses Peraih Nilai UN Terbaik


Share Button
Foto: jogjareview.net

Foto: jogjareview.net

Sering kan lo ngerasa kagum sama pelajar yang dapet nilai UN terbaik. Lo kepo sama cara belajar mereka. Nah, lo yang kepo, nih OUCH! kasih rahasia sukses para peraih nilai UN. Apa aja sih? 

1. Bangun Pagi-pagi Buat Belajar

Cara belajar satu ini diterapin sama Ryan Aditya Moniaga. Doi pernah jadi peraih nilai UN SMA terbaik nasional tahun 2014 Sob. Buat ngeraih prestasi tersebut, Ryan nerapin cara belajar super disiplin. Ryan selalu bangun pagi. Sebelum berangkat sekolah, ia manfaatin waktu satu jam buat belajar.

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit lho. Meski cuma satu jam, tapi karena suasana pagi hari yang mendukung dan dilakukan terus menerus, Ryan pun dapet banyak manfaatnya.

un-1

2. Belajar Harus dengan Suasana Fun

Kalo biasanya lo nyari tempat belajar yang sepi, pelajar satu ini justru milih yang rame. Dianita Ardi, pelajar SMA Negeri 5 Yogyakarta ini suka dengerin musik pas belajar. Dia juga milih tempat yang ga terlalu sepi.

Cara belajar yang fun nganter Dianita jadi peraih nilai UN IPS tertinggi se-DIY tahun 2015.

Un-2

3. Belajar dengan Sistem Estafet

Ni Kadek Vani Apriyanti, peraih nilai UN terbaik nasional tahun 2013 ini suka sama cara belajar estafet. Tau ga gimana cara belajar estafet? Jadi, si Ni Kadek Vani ini, suka nyicil dalam belajar. Dia ngebagi waktu jadi tiga tahap.

Pertama, dia belajar pagi sampe petang hari. Jadi, si Kadek bener-bener dengerin materi yang disampein guru. Di tahap kedua, Kadek belajar dari siang sampe sore Sob. Nah, di tahap ketiga, Kadek belajar malam hari sampe dini hari.

Sistem belajar estafet ini bikin Kadek jadi peraih nilai UN terbaik nasional tahun 2013.

UN-3

Baca: 3 Pelajar Ini Sukses Raih Nilai Terbaik UN SMA

4. Puasa Facebook Sama Televisi

Facebook dan televisi kadang emang ngeganggu. Bukannya belajar, lo malah sibuk ngeliatin status temen. Nah, Triawati Octavia, pelajar peraih nilai UN terbaik nasional tahun 2012, milih ga buka Facebook pas deket-deket UN.

Tria, sapaan akrabnya, sukses dengan metode belajar puasa Facebook dan televisi ini. Lo mau nyoba Sob?

un-4

5. Belajar Tepat Sasaran

Buat ngeraih nilai UN yang bagus, lo emang butuh belajar tepat sasaran. Kayak yang dilakuin Michael Grant Husain, pelajar asal Sulawesi Selatan ini fokus belajar soal-soal UN lama. Menurut doi, soal-soal UN ga beda jauh kok dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, supaya tepat sasaran, Michael juga belajar konsep materi pelajaran yang diujikan. Sistem belajar ini nganterin Michael jadi peraih nilai UN tertinggi se-Sulawesi Selatan tahun 2015.

UN-5

6. Belajar Jam 11 Malam

Sob, malem hari emang lebih tenang daripada siang hari. Suasananya lebih nyaman buat belajar. Hal ini dimanfaatin sama Selma Mutiara Hani. Setelah pulang sekolah, Selma Mutiara Hani milih tidur lebih dulu.

Jam 11 malem, Selma bangun buat belajar sampe jam 3 pagi. Sistem belajar ini efektif banget buat Selma. Hasilnya, ia dapet nilai UN terbaik IPA se-DIY tahun 2015.

un-6

7. Seimbang Antara Usaha dan Doa

Sekeras apa pun usaha lo, yang namanya doa ga boleh lo lupain. Muhammad Wildan Rabbani, selalu ngimbangin antara usaha dan doa. Wildan ga lupa solat malam. Selain itu, doi juga puasa Senin dan Kamis.

Usaha keras dengan diimbangin doa bikin cowok satu ini dapet nilai UN terbaik se-Jawa Timur tahun 2010.

un-7

Cara belajar tiap orang emang beda-beda Sob. Setiap orang punya pilihan cara belajar masing-masing. Nah, kalo lo sendiri, cara belajarnya gimana nih?

Baca: Saat Hasil Nilai UN Ga Sesuai Harapan

Share Button


Comments


  1. febr irwahyu May 26, 2015 at 08:51

    tangks for tipsnya

Leave a Comment