Merasakan Hijaunya Green School di Bali


Share Button

Edisi My School kali ini supah dupah special nih Oucheeerrss. Green School? Ada yang udah pernah denger? Kalo ada yang belum tau, yoook mari disimak nih artikel My School kali ini.

Green School adalah sebuah proyek lanjutan perintis dalam pendidikan. Green School ini menggabungkan Kurikulum Studi Hijau dan Kurikulum Seni Kreatif. Karena ini adalah International School, jadi diwajibkan untuk berbahasa Inggris. Seperti sekolah biasanya, pelajaran Matematika, Sains, dan Ilmu Sosial pun ada di sini, tapi dikemas dengan cara belajar yang berbeda. Sistem pembelajaran di Green School memberi maksud bahwa para siswa harus belajar untuk berpikir kritis dan kreatif serta percaya diri untuk memilih dunia dan lingkungannya. Hal ini menginspirasi kehausan mereka untuk tahu lebih banyak, serta melengkapi ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan.

Semua siswa di Green School wajib berpartisipasi dalam kegiatan Ekstra Kurikuler atau yang di sebut Ekskul. Ekskul disini juga keren-keren lho Sob, ada Ekskul Gamelan, Kayu Ukiran, Batik, dan berbagai seni kreatifitas yang lain. Tujuan kenapa diadakan Study Hijau adalah untuk memelihara, menghormati, serta memberi pemahaman tentang dunia alam, menumbuhkan kesadaran siswa akan lingkungan sekitar, dan mengembangkan nilai-nilai ekologis.

Tenaga pengajar di Green School merupakan kontributor dari berbagai pelosok Indonesia, ga cuma orang asing atau orang Bali aja lho Ouchers. Untuk mengembangkan pikiran para siswa, sebelum masuk di sekolah ini diajarin gimana caranya untuk mencintai diri sendiri, satu sama lain dan mencintai lingkungan sekitarnya.

Green School ini bener-bener green banget deh Sob, di sini dikasih tau gimana cara kita mengolah limbah, mengkonsumsi sayur, merawat hewan, belajar dari masyarakat lokal, dan merancang kehidupan dengan sumber daya alam. Kebayang ga sih lo, serunya sekolah disini. Ruang kelasnya juga ga di tempat tertutup, tapi di alam terbuka dengan sirkulasi udara yang alami. Suara burung, aliran air sungai, suara jangkrik udah jadi suara sehari-hari di sekolah ini, ecoliteracy abis deh pokoknya Sob. Hmm, sayangnya Green School ini cuma ada di Bali. Jarang-jarang banget kan Ouchers ada International School dengan konsep sekolah alam atau sekolah hijau.

Indonesia harus bangga lho punya sekolah kaya gini, dan mungkin bisa juga menginspirasi sekolah-sekolah lain. Ga cuma orang asing aja kok yang bisa sekolah di International School, kita-kita sebagai orang lokal juga bisa dong pastinya. Kira-kira keluar dari sekolah ini pemikiran kita akan kaya gimana yaa? Hijau dan kreatif dong tentunya..

Share Button

Comments


Leave a Comment