Mengenal Jenis Pomade Yang Sesuai Tipe Rambut


Share Button

jenis pomade sesuai tipe rambut

Hingga saat ini, tern rambut sleeky hair dan pompadour masih jadi trend. Bahkan musisi Justin Timberlake dan pesepakbola Marco Reus pun tak mau ketinggalan untuk menyebarkan virus tren rambut ini.

Model rambut slicky memang terlihat sederhana namun, sebenarnya tidak semudah itu untuk menciptakan rambut slicky yang keren Dibutuhkan tekhnik khusus  dan yang paling penting adalah memilih pomade yang tepat.

Baca: Kebiasaan ini bikin rambut rusak

Banyak yang belum mengetahui pomade. Apa sih pomade? Pomade adalah produk yang digunakan untuk membuat rambut tetap stylish dan gaya. Bentuknya padat mirip dengan wax. Pomade mulai dikenal sejak tahun 1990-an. Pomade dibuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, wax, lanolin, dan wewangian untuk memberikan aroma khas.

 

Pada dasarnya pomade merupakan wax yang dicampur dengan minyak namun, seiring berkembangnya jaman pomade tidak selalu murni menggunakan campuran minyak. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tahu beberapa jenis pomade agar saat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambutmu.

 

Pomade Berbahan Dasar Minyak (Petroleum Based Pomades)

Petroleum Based Pomades

Pomade berbahan dasar minyak ini cocok banget untuk kamu yang aktif dan banyak beraktivitas di luar ruangan karena lebih tahan lama dan tahan terhadap cuaca, bahkan keringat. Pomade ini dapat membuat rambutmu bergaya quaff atau pomp.

Baca: Cara gampang atas rambut lepek berminyak

Bahan dasar minyak membuat rambut terasa lengket dan berminyak sehingga harus dibersihkan beberapa kali saat keramas. Merk yang sangat diakui ketahanan stylingnya adalah Schmiere Knuppelhart. Selain itu, merk yang memiliki katahanan strong adalah Spiffy Stuff Pomade.

 

 

Pomades Berbahan Dasar Air (Water Based Pomades)

Water Based Pomades

Kamu yang memiliki potongan rambut sleeky yang panjang dan bergelombang cobalah menggunakan water based pomades. Rambutmu akan terasa lebih lembut dan jatuh dengan natural. Penggunaan bahan dasar air dan campuran kimia membuat rambutmu akan bersih dalam sekali keramas saja. Merk pomade yang berbahan dasar air dengan ketahanan sedang anatara lain Railcar pomade dan Suavecito.

 

 

Pomades Berbahan Dasar Campuran (Mixed Based Pomades)

Mixed Based Pomades

Kamu menginginkan gaya rambut up to date, tahan lama, dan gampang untuk dibersihkan? Jenis pomade ini jawabannya. Pomade ini dibuat dari campuran air dan minyak sehingga efek shiny yang ditimbulkan tidak terlalu mencolok. Merk pomade yang merupakan mixed based yang memiliki ketahanan medium strong adalah The Daimon Barbers dan Layrite Deluxe Pomade 4 Ounce.

 

 

Setelah mengetahui jenis pomade yang pas untuk rambutmu, perhatikan tips menggunakan pomade agar tidak salah. Pastikan rambut dalam keadaan lembab sebelum menggunakan pomade. Bila menggunakan pomades yang berjenis strong, cukup aplikasikan sebanyak telunjuk jari.

Usapkan pomade pada tangan hingga terasa cukup menyebar, pakaikan secara merata pada rambut. Setelah dirasa merata, sisirlah rambut. Gunakanlah pomade secukupnya karena penggunaan pomade yang banyak justru akan mempersulit kamu dalam membilasnya saat keramas kecuali kamu memilih pomade berbahan dasar air.

Petunjuk Memilih Pomade

Setelah seharian menggunakan pomade segeralah mencuci dan membilas rambut. Gunakan shampoo yag dapat menghilangakan efek pomade lalu bilas dengan air hangat. Untuk menjaga kesehatan rambut dari bahan kimia yang terdapat pada pomade, ada baiknya memberi jeda pemakaian selama 1-2 hari karena bagaimanapun di dalam pomade terkandung bahan kimia.

Baca: Gimana cara memilih shampo yang benar?

Pomade tidak harus dibersihkan menggunakan shampoo khusus, shampoo umum yang dijual di warung dan supermarket sudah dapat digunakan untuk membersihkan pomade.

jenis gaya rambut pomade

Ditulis oleh: Jeffry Tie

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


  1. faris September 10, 2014 at 03:40

    di medan ada jual gak tapi di mana ?

  2. pomade murrays February 22, 2015 at 22:30

    dan biasa y yang paling laku adalah produk pomade murrays

  3. Bagus Risnanto March 04, 2015 at 18:28

    Saya suka pomade

  4. ool April 03, 2015 at 21:43

    Cara pesan nya gmn mas???

  5. Haszmialfateh May 13, 2015 at 06:03

    Bingung saya udah gunakan beberapa pomade tapi gak ada yg cocokny dengan rambut saya yg ikal

    1. dhey May 13, 2015 at 21:13

      botakin aja

    2. Denis December 20, 2015 at 20:02

      Saran bro mending pakai pomade yang Heavy Hold / Strong jika ingin rambut terlihat rapi
      Tetapi semua bergantung pada pengguna lebih suka pomade yang light / Heavy
      Saya berambut keriting lebih senang menggunakan pomade Heavy Hold / Strong karena rambut bisa terlihat rapi

  6. Hardi May 28, 2015 at 08:10

    Cara beli pomade di toko mana ?

  7. NOVI June 07, 2015 at 11:13

    beraapa’n tuh harganya share donk yg tau :)

  8. Nafis June 11, 2015 at 15:31

    kalo yang jual pomade di sumedang mana yaa??

  9. Tonica ibrahimmovic May 05, 2016 at 00:46

    Kalau di cikarang ada yg jual ga?

  10. Farid May 22, 2016 at 17:11

    Kalou rambut nya gerombang bagus nya pake pomade ya? Water based/ oli based
    Dan kalou ya gelombang water n oli bagus nya

  11. dani December 11, 2018 at 22:15

    bro pomade yg cocok buat rambut ber poni yg mana ya, dy pomade nya yg gak lengket, gampang di atur dan keliatan basah tp sebenar nya kering, apa ada pomade yg kek gitu?

Leave a Comment