Masih Bingung Long Weekend mau kemana? Ke Pulau Pari Aja!


Share Button

Ouchers! Mau liburan dengan budget minim? Bisa kok, ke Pulau Pari aja! Pulau Pari terletak di wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dengan jumlah penduduk yang tidak begitu padat, yakni kurang lebih 697 jiwa. Terdapat dua alternatif menuju Pulau Pari yaitu dengan menggunakan kapal; pertama via Dermaga Muara Angke dan kedua via Marina Ancol. Walaupun kondisi menuju Dermaga Muara Angke sangat tidak nyaman, tapi akan terbayar begitu kalian sampai di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Harga kapal penyebrangan via Muara Angke – Pulau Pari Rp 35.000.

Sedangkan via Marina Ancol Rp 200.000. Beda harga beda kualitas! Karena liburan ini dengan budget minim, recommend banget buat kalian untuk menggunakan kapal penyebrangan via Muara Angke. Perjalanan ke Pulau Pari hanya memakan waktu dua jam. Sesampainya di Pulau Pari, kalian bisa cari penginapan dalam bentuk rumah penduduk yang disewakan alias homestay, dengan kisaran harga Rp 250.000 – Rp 300.000 (Non AC) dan Rp 400.000 – Rp 500.000 (AC). Mau yang lebih murah? Kalian bisa mendirikan tenda di pinggiran Pantai Pasir Perawan cukup dengan harga Rp 10.000 per orang.

buka tenda di pantai pasir perawan

Kalau kamu ga punya tenda, bisa kok sewa tenda per hari nya Rp 40.000, bisa muat hingga enam orang loh! Selesai mencari penginapan, kalian bisa sewa sepeda Rp 5.000 per hari. Tempat sewa sepeda ini banyak banget, jadi kalian ga akan susah dan kebingungan untuk mencari tempat penyewaan sepeda. Hari menjelang siang dengan teriknya panas matahari, yuk kita ke laut.

Di Pulau Pari terdapat fasilitas banana boat Rp 30.000 per orang. Mau yang lebih seru lagi? Yuk snorkling ke tengah laut. Harga sewa perlengkapan snorkling Rp 25.000 – Rp 30.000, tergantung kalian nawar ya ouchers! Kemudian untuk bisa ke tengah laut, kalian harus menyewa kapal dengan kisaran harga Rp 300.000 – 400.000 untuk pergi ke tiga spot yang oke banget.

snorkling di sekitar pulau pari

Kalau kamu sendirian atau cuma berdua bertiga, coba deh temuin “abang kapten” yang biasanya nongkrong di dekat dermaga. Tanyain boleh ga numpang kapal doi buat ke tengah laut, bilang kalau kamu cuma berdua atau bertiga. Karena tidak menutup kemungkinan, kalian bisa ke tengah laut FREE alias ga bayar, hemat kan?

Selesai olahraga air, lapar dong! Kalau mau hemat banget, bekal dari rumah akan sangat membantu. Di Pulau Pari, banyak kok rumah makan yang hampir sama dengan warteg di Jakarta, kisaran harganya Rp 10.000 – Rp 15.000 udah sama minum.

santai di pantai pasir perawan pulau pari

Setelah kenyang, kamu bisa santai sejenak di pantai, kemudian menikmati sunset di kawasan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. View nya oke banget, jangan sampai kalian kelewatan! Dua hari satu malam cukup untuk menikmati Pulau Pari. Setelah menghabisi kegiatan di hari pertama, kalian bisa menikmati pemandangan sunrise di Pantai Pasir Perawan pukul 05.00 – 05.30 lalu berkeliling pemukiman dengan sepeda di hari kedua. Jam pemberangkatan ke Jakarta biasanya pukul 13.00 siang dengan harga yang sama Rp 35.000 (ke Dermaga Muara Angke).

Berikut kisaran harga untuk liburan dua hari satu malam di Pulau Pari, Kepulauan Seribu:

Kegiatan Harga (Rp)
Transportasi Muara Angke – Pulau Pari (PP) 70.000
Sewa Tenda 40.000 (dua hari)
Sewa Sepeda 10.000 (dua hari)
Sewa Perlengkapan Snorkling 25.000
Sewa Kapal Gratis (nego sama abang kapten)
TOTAL Rp 145.000

(Kisaran harga per orang untuk liburan berdua, belum termasuk makan dan oleh-oleh)

Murah banget kan? Nah daripada menghabiskan liburan kalian di rumah, sebagai anak muda, yuk traveling! Enjoy Jakarta! Happy long weekend, Ouchers!

 

Penulis: Magdalena Fenisia Caroline (Alumni SMA Yakobus Jakarta)

Pengen eksis di sini? Segera kirim tulisan lo ke ouch@mycakrawala.com yang isinya liputan acara atau unek-unek buat sekolah dan apapun seputar kehidupan anak sekolah. Eksis Sob!

Share Button


Comments


  1. diana marcelina simanjuntak June 19, 2015 at 21:57

    ini dari sumber terpercaya ngga ya? soalnya saya bener2 mau ke pulau pari tanpa menggunakan travel :)

Leave a Comment