Sering Buang Angin? Ini Penyebabnya


Share Button

Sob, lo sering ga ngerasain perut kembung terus jadinya sering buang angin alias kentut, kalau lo lakuin di depan umum pasti malu-maluin banget kan? Sebelum lo salahin diri lo mending lo cari penyebabnya.

Sebenarnya kentut itu normal, tapi ada saatnya usus memproduksi lebih banyak gas, salah satunya pas makanan yang dimakan adalah jenis makanan penghasil gas. Caranya biar ga sering-sering buang angin ya membatasi porsi dan memakannya pelan-pelan, dengan ini risiko perut penuh gas bisa dikurangi.

Nih biar lo tau makanan apa aja yang menghasilkan banyak gas dalam perut:

1. Sayur-sayuran

Kandungan gula dalam beberapa jenis sayuran dapat memicu gas perut selagi dicerna. Bawang mengandung fruktosa, salah satu tipe gula, sementara tipe gula yang lain kayak rafinos juga ditemuin pada asparagus, kubis, dan brokoli. Sayuran yang mengandung serat larut juga berpotensi bikin banyak gas. Meskipun demikian serat larut juga dibutuhin sama tubuh, jadi jangan dihindari tapi porsinya diatur.

2. Buah

Beberapa jenis buah mengandung tipe gula yang disebut sorbitol, yang menyebabin produksi gas berlebih. Buah-buah yang mengandung sorbitol antara lain apel, persik, dan pir. Permen karet juga mengandung sorbitol sehingga bisa menyebabkan produksi gas berlebihan.

3. Makanan bertepung

Tepung kaya akan karbohidrat yang dapat nimbulin gas pas dicerna. Makanan jenis ini yang paling menyebabkan gas antara lain roti, sereal, dan pasta. Selain itu makanan yang mengandung jagung dan kentang juga berpotensi menimbulkan gas, tapi beda sama nasi.

4. Susu dan produk turunannya

Susu dan produknya mengandung gula yang disebut laktosa yang susah dicerna apabila tubuh ga cukup memiliki enzim laktase. Produk susu antara lain keju, es krim, dan yogurt.

5. Oatmeal

Meskipun oatmeal adalah sarapan yang enak dan sehat, namun makanan ini masuk dalam makanan yang menyebabkan produksi gas bertambah.  Ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun jika sudah terbiasa memakan oatmeal, tubuh lo lebih toleran.

6. Kacang

Kacang termasuk jenis makanan sehat, namun bisa menyebabkan produksi gas bertambah. Soalnya, kacang mengandung gula rafinos dan serat larut yang cukup tinggi. Solusinya, cobalah makan kacang dengan campuran makanan lain.

7. Soda dan minuman ringan

Minuman jenis ini bikin segar dan enak, namun percernaan lebih susah mencernanya, sehingga menghasilkan gas yang berlebihan. Satu hal yang menyebabkan demikian adalah kandungan fruktosa yang tinggi pada minuman ini.

Selain itu kita juga punya nih tips bisa makan tengah malam tanpa bikin gendut. Semoga tips di atas bisa membantu lo Sob, biar ga kentut-kentut sembarangan :-D

 

Share Button

Toshio

I could be brown, I could be blue, I could be violet sky, I could be hurtful, I could be purple I could be anything you like

More Posts



Comments


Leave a Comment