Macam-macam Singkatan Makanan di Indonesia


Share Button

batagor

Indonesia emang punya banyak banget jenis makanan. Satu bahan, bisa diolah jadi bermacam-macam menu makanan. Ga cuma variasi makanannya doang, tapi nama-nama makanannya juga unik. So, ini dia singkatan makanan di Indonesia yang kreatif banget.

1. Batagor

Jajanan satu ini akrab banget bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari anak kecil sampe orang dewasa, suka kok sama jajanan satu ini. Sebab jajanan satu ini berisi bakso dan tahu goreng, akhirnya banyak orang nyebut jajanan satu ini sebagai Batagor, yang merupakan singkatan makanan dari bakso dan tahu goreng.

2. Basreng

Bener kan kata OUCH!, orang Indonesia itu kreatif banget. Jenis-jenis bakso aja bermacam-macam. Salah satunya Basreng yang merupakan kepanjangan dari Bakso Goreng. Basreng paling enak dinikmati sambil ngobrol bareng sahabat atau pas nonton film. Pedas-pedas renyah Sob.

3. Intel & Internet

Eits, Intel bukan sembarang Intel. Intel di sini bukan orang yang suka nyelidiki masalah, tapi Intel di sini kepanjangan dari Indomie Telur. Ha ha ha. Selain Intel, ada juga kok singkatan unik buat menu Indomie. Yakni Internet yang merupakan kepanjangan Indomie Telur Kornet.

4. Bakso Cuanki

Pernah ga sih, lihat bapak-bapak yang ngejual bakso sambil mikul gerobak? Nah, bakso jenis ini, biasanya disebut dengan Bakso Cuanki, Sob. Cuanki singkatan dari Cari Uang Jalan Kaki. Cocok kan sama cara penjualnya yang jalan kaki dari komplek ke komplek.

5. Cimol, Cilok, Cireng

Berasal dari satu bahan, tapi bentuknya bisa bermacam-macam. Ada Cimol (singkatan dari aci digemol), Cilok (aci dicolok) dan Cireng (aci digoreng). Aci dalam Bahasa Sunda berarti tepung kanji Sob. Jajanan ini masih favorit banget sampe sekarang.

Cimol-Kuliner-Jawa-Barat

Baca: Pertanyaan yang Sering Ditanyain Saat Lagi di Mall

6. Pisgor & Piscok

Sama seperti istilah makanan sebelumnya, Pisgor & Piscok juga berasal dari satu bahan yang sama. Yakni pisang. Pisgor kepanjangan dari Pisang Goreng dan Piscok sebutan untuk Pisang Cokelat. Lewat istilah ini, lo ga usah panjang-panjang nyebutin nama saat beli di abang penjualnya. Bener ga Sob?

7. Misro & Colenak

Misro & Colenak sama-sama terbuat dari Singkong, Sob. Dalam bahasa Sunda, Amis berarti manis. Nah, berhubung jajanan ini punya “kejutan” manis di dalamnya, akhirnya nama jajanannya pun jadi Misro alias Amis di Jero.

Kalo Misro punya kejutan manis di dalam, beda lagi sama Colenak. Olahan ubi ini punya rasa manis di bagian luar Sob. Kalo dicocol, dijamin lo bakal ngerasain sensasi manis yang enak. Makanya dinamain Colenak alias Dicocol Enak.

8. Comro

Comro sama Misro masih sodaraan sih. Sama-sama terbuat dari singkong, Comro punya cita rasa asin-pedas. Rasa asin berasal dari singkong yang ditumbuk, sementara rasa pedasnya ada pada oncom yang ada di dalamnya. Perpaduan oncom yang ditaruh di dalam lapisan singkong dinamai dengan Comro alias Oncom di Jero.

9. Nasgor & Buryam

Nah, kalo ini singkatan makanan yang udah populer banget. Buat nyebut nasi goreng, orang-orang lebih milih menyingkatnya jadi Nasgor. Begitu juga dengan Bubur Ayam yang lebih sering disebut dengan Buryam.

10. Gehu, Gedas & Geco

Tiga jenis makanan yang ada di atas juga masih sodaraan semua Sob. Semuanya berbahan dasar tahu. Gehu kepanjangan dari Toge & Tahu. Di daerah lain, makanan ini disebut dengan Tahu Isi. Sementara Gedas adalah Gehu Pedas, yakni versi lain dari Gehu yang mempunyai  cita rasa lebih pedas.

Sementara Geco, merupakan makanan khas Cianjur. Geco singkatan dari tauge dan tauco. Campuran tauge, tauco dan tahu di dalamnya siap ngegoda lo yang suka kuliner, Sob.

Resep-Cara-Membuat-Gehu-Pedas-Mudah-Praktis

Selain sepuluh singkatan makanan yang udah disebutin di atas, Indonesia pasti punya banyak nama makanan yang unik-unik lain dong. Apa singkatan makanan unik yang ada di daerah lo, Sob?

Baca: Jangan Lakuin Hal Ini, Biar Lo Ga Kelihatan Grogi

Share Button

Comments


Leave a Comment