Lukisan Unik Di Atas Beras


Share Button

Namanya juga seniman ya Sob. Apalagi seniman lukis. Media lukisnya ga melulu kertas atau kanvas aja. Kayak seorang seniman asal Taiwan, Cheng Forng-Shean yang milih media unik untuk ngelukis. Dia milih butir-butir beras untuk nyiptain berbagai jenis lukisan mulai pemandangan sampe wajah tokoh-tokoh sejarah.

ChenĀ  yang udah berumur 58 tahun ini emang udah dikenal dunia internasional karena kemampuannya ngelukis di atas media yang super kecil. Pas lagi kerja, Chen bisa ngabisin waktu berbulan-bulan melototin kaca pembesar, demi menyelesaikan sebuah lukisan.

Tapi, Chen ga ngabisin seluruh hidupnya untuk ngelukis di atas butiran beras. Sehari-hari dia kerja di divisi percetakan Bank Sentral China. Itu bukan pekerjaan idamannya, tapi pekerjaan itu bikin Chen punya akses ke berbagai alat cetak.

Apa yang dicari Chen lewat hasil karyanya ini? Ternyata dia cuma nyari kepuasan batin. Untuk nyiptain lukisan di atas media sekecil butiran beras, Chen ga hanya butuh rasa estetika tapi juga kesabaran, konsentrasi tinggi dan ketahanan fisik prima.

Soalnya, ga jarang Chen harus nahan nafas sampe lebih dari satu menit dan di saat yang sama harus nahan tangannya supaya ga banyak bergetar yang bisa menghancurkan karya seninya.

Selama bertahun-tahun, Chen udah menghasilkan banyak karya mulai dari berbagai biji-bijian sampe lukisan di atas sehelai mie yang sangat tipis. Tapi, salah satu karya Chen paling luar biasa adalah ukiran butir beras yang dia bikin selama satu bulan di atas sebutir beras berukuran panjang 0,5 cm dan lebar 0,3 cm. Sadiisss!

Share Button


Comments


Leave a Comment