Linus Nara Paradhana, Cowok Asal Surabaya Penemu Helm Anti Begal


Share Button
helm ini begal

Gambar: batampos.co.id

Kata “begal” emang ngeri banget. Begal bikin orang was-wasan pas pulang malam. “Jangan lewat jalur itu Sob, biasanya ada bega,” ucap teman lo. Tapi, bagi Linus Nara Paradhana, begal justru jadi ide buat bikin helm inovasi baru. 

Namanya Linus Nara Paradhana. Cowok yang sekolah di SMAN 16 Surabaya ini bikin sesuatu yang beda banget. Buat mencegah aksi pembegalan, doi bikin Helm Anti Begal.

Jadi, lewat helm ini, lo bisa ngamanin motor lo dari para pembegal. Kenapa bisa gitu? Sebab di helm ini, ada tombol yang menghubungkan antara helm dan motor. Saat motor dibawa kabur oleh orang, lo tinggal pencet tombol tersebut Sob. Nantinya motor lo bakal ngeluarin alarm yang cukup keras.

Pasti tukang begal itu bingung kalo dengar alarm dari motor curiannya. Nah, setelah itu, motor juga bakal mati secara otomatis. Kalo udah gitu, si pembegal ga bakal bisa bawa motor lo ke mana-mana Sob.

Gambar: www.brilio.net

Gambar: www.brilio.net

Finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-8

Berkat inovasinya tersebut, Linus Nara Paradhana masuk sebagai fiinalis Finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-8 Tahun 2015. Event ini diselenggarain oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bicara soal ide awal lahirnya Helm Anti Begal, Linus Nara Paradhana ngaku kalo doi terinspirasi dari lingkungan sekitarnya. Di Surabaya, menurut pengakuan Linus Nara, banyak aksi pembegalan. Nah, Linus Nara ga mau diam dan berinovasi dalam bentuk helm.

“Helm anti begal itu idenya karena di tempat tinggal saya di Surabaya angka kejahatan pembegalan cukup tinggi, bahkan ada yang meninggal karena aksi para begal,” ucap Linus Nara.

Sebelumnya, Linus Nara pernah bikin helm dengan pendingiin yang dibeli oleh perusahaan helm AVS. Berkat karyanya itu, cowok yang masuk jurusan IPA ini bisa beli rumah dan ngebiayain sekolah sendiri. Waw, keren banget Sob!

 

Share Button

Comments


Leave a Comment