Liga Santri Nusantara, Saatnya Anak Pesantren Tunjukin Skill Main Bola


Share Button
Pemain Nurul Islam Jember (Kaos Putih) dikawal dua Pemain Asriyah Mesan. Gambar: Liga Santri Nusantara

Pemain Nurul Islam Jember (Kaos Putih) dikawal dua Pemain Asriyah Mesan. Gambar: Liga Santri Nusantara

Kompetisi sepak bola buat pelajar SMP, SMA atau mahasiswa itu udah biasa. Kali ini, Kemenpora bekerjasama dengan PBNU bikin liga yang terbilang unik Sob. Namanya Liga Santri Nusantara (LSN). Lho lho… ini para santri pada main bola maksudnya?

Apa sih alasan liga santri ini dibikin? Jadi ceritanya gini Sob. Di Indonesia ini, ada 3,65 juta santri yang tersebar di 34 provinsi. Dengan jumlah yang sebanyak itu, pemerintah pengin para santri bisa ngasah skill dan bakat mereka di bidang olahraga, termasuk sepak bola. Nah lho, akhirnya lahir deh Liga Santri Nusantara (LSN).

Skill para santri di bidang sepak bola ga boleh diremehin lho. FYI nih Sob, salah satu santri dari Pondon Pesantren Al-Muztaba di Plered, Purwakarta pernah jadi kapten di Piala Danone 2014 U-12. Namanya Yadi Mulyadi. Di tahun 2014, Yadi jadi kapten tim Indonesia dan jadi pemain terbaik dunia dalam kejuaraan tersebut. Wah, gokil ga tuh.

Perserta Liga Santri Nusantara Zona Jakarta dan Banten bareng Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Gambar: Liga Santri Nusantara

Perserta Liga Santri Nusantara Zona Jakarta dan Banten bareng Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Gambar: Liga Santri Nusantara

Baca: Nindya dan Alyssa, Cewek Eksis Dari SMAN 29 Jakarta

Liga Santri Nusantara (LSN) udah bergulir sejak tanggal 6 September lalu Sob. Untuk kompetisi kali ini, pemerintah lebih fokus di kategori U-17. Soal tempat penyelenggaraannya, pemerintah nunjuk 10 provinsi di Indonesia. Yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Liga khusus buat para santri ini lumayan gede juga Sob. Sebab sampe bisa menggaet 192 pondok pesantren.

“…santri juga mempunyai potensi  yang luar biasa dalam bidang olahraga. Dan pesantren juga tidak kalah dari senior-seniornya ketika menggelar sebuah kompetisi, mudah-mudahan ini menjadi awal untuk memajukan sepak bola nasional,” ucap Imam Nahrawi selaku Menpora.

Hasil Pertandingan #8besarligasantri

Saat ini, Liga Santri Nusantara udah masuk babak semifinal Sob. Pesantren yang sukses lolos di tahap ini adalah PP Nurul Islam Jember, PP Nur Iman Sleman, PP Darunnajah Garut, PP Al Asariyah Tangerang.

“Semifinal digelar pada tanggal 3 Desember 2015. Untuk finalnya dilangsungkan pada 6 Desember 2015. Sedangkan pada 4-5 Desember akan didakaan pameran foto LSN selama 2 hari di Royal Plaza Surabaya,” ucap Pengurus Pusat LSN, Mukaffi Makki.

Baca: Pengamen di Kendaraan Umum? Ini Pendapat Anak SMAN 29 Jakarta

 

Share Button


Comments


Leave a Comment