Kuliah Pelayaran Itu Kayak Gimana Sih?


Share Button

pelayaran-cover

Kuliah Pelayaran emang agak asing ya? Beda kan sama jurusan kuliah lain kayak Ekonomi, Kedokteran, atau Psikologi yang udah sering lo denger. Supaya lo kenal sama dunia jurusan yang satu ini, OUCH! ngobrol seru bareng alumni DUTCH, Susan Jeannita, mahasiswa Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (AMAN JAYA) angkatan 2011.

Mau tau gimana serunya obrolan OUCH! bareng Susan (@nhsansan) tentang kuliah Pelayaran? Langsung aja ya simak interview-nya.

Halo, Susan. Lagi sibuk apa sekarang?

Halo, Kak, sekarang ini gue lagi sibuk urus usaha clothingan. Berhubung kuliah gue juga udah masuk tahap akhir, jadi sekarang tinggal nunggu panggilan dari salah satu perusahaan buat praktek. Doain ya semoga lancar. He he he.

Setelah lulus masuk dunia kampus, apa sih kesibukan yang paling nyita waktu?

Yang paling nyita waktu ya? Ini nih, salah satu organisasi di kampus gue. Kebetulan gue gabung di Dewan Korps Taruna. Banyak banget kegiatan yang gue jalani di organisasi ini. Kadang, gue sampe nginep berhari-hari di kampus. Kelihatan anak organisasi banget ya? :)

Btw, Susan kan cewek nih, kok bisa sih pilih kuliah Pelayaran? Apa yang bikin lo tertarik banget sama Pelayaran?

Soal kenapa bisa pilih kuliah Pelayaran, awalnya gara-gara keluarga sih. Pengaruh terbesarnya dari keluarga. Di keluarga gue kebanyakan pelaut. Tapi, ga semuanya karena dorongan dari keluarga juga. Soalnya, gue juga pas kecil cita-citanya emang pengin masuk pelayaran.

Oh ya, seru banget lho masuk Pelayaran. Kita bisa jalan-jalan gratis, malah dibayar juga. He he he.

pelayaran-1

Baca: 7 Hal Ini Mempengaruhi Lo Pas Pilih Jurusan Kuliah

Pilih jurusannya karena dorongan ortu atau sendiri?

Gue masuk pelayaran karena pilihan gue sendiri. Nah, dulu ada cerita unik soal pilihan kuliah. Papa minta gue jadi perawat, sementara Mama penginnya gue ambil Ekonomi. Harapannya Mama sih supaya gue cepet dapet kerjaan di bank. Tapi akhirnya gue milih jalan gue sendiri. Sebab gue ga tertarik sama dua jurusan pilihan ortu gue itu.  

Oh ya… bagi dong cerita selama kuliah di Pelayaran.

Di Pelayaran itu ada tiga jurusan. Ada Nautika, Teknika dan KPN (Tatalaksana). Nah, gue masuknya di Nautika, tepatnya di bagian Deck. Secara umum sih dikenal dengan nama Nahkoda/Captain.

Nah, kalo di Teknika itu fokus di bagian mesin. Sementara Tatalaksana fokus di bagian kantor Pelayarannya. Ngomongin kuliah ga lengkap tanpa ngebahas mata kuliahnya. Di jurusan gue, ada mata kuliah Ilmu Pelayaran Datar (IPD), Ilmu Pelayaran Astronomi (IPA), Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (P2TL) dan Isyarat Visual dan Komunikasi.

Menurut gue, empat mata kuliah itu sih itu yang anak pelayaran banget. He he.

Pelayaran-2

Baca: 5 Tips Milih Jurusan Kuliah

Ceritain dong serunya kuliah pelayaran!

Serunya itu pas apel. Di sini ada apel pagi sama apel siang. Pas masih duduk di tingkat I sih, apelnya barengan terus sama anak-anak satu angkatan. Tapi, selanjutnya beda-beda.

Nah, pas apel siang ini yang kadang bikin ngos-ngosan. Bayangin nih Sob, jam 12 siang (pas pulang kuliah) kita disuruh apel dengan cuaca yang panas banget. Saat apel ga dimulai-mulai, mahasiswa tetep disuruh berdiri terus. Mahasiswa ga boleh garuk-garuk, padahal keringat pada nempel di baju Sob. Bawaannya gatel banget.

Habis apel, eh, tetep kita ga boleh langsung pulang. Mahasiswa disuruh olahraga dulu kayak push up dan squat-jump. Kegiatan ini berlangsung selama gue ada di tingkat I. Habis itu lengan gue jadi belang. Kebanyakan dijemur sih.

Selain itu, ada juga keseruan soal sapaan senior ke junior. Selama tingkat I, anak-anak junior wajib nyapa ke seniornya. Misal, “Siang, Yor.” Yor di sini kepanjangan dari Senior. Pas gue masuk tingkat II, giliran gue yang dipanggil gitu sama junior gue. Seru gitu kesannya.

Tradisi kayak gini bukan berarti anak-anak Pelayaran gila hormat sih. Kata senior gue sih, “Senior itu bukan gila hormat tapi memang begitu hirarkinya kalau kalian ada di Dunia Militer.”

Tugas kuliah paling berat selama di jurusan pelayaran?

Kalau ada soal yang disuruh ngitung, biasanya pelajaran Ilmu Pelayaran Datar dan Astronomi. Dua pelajaran ini itung-itungannya ribet, banyak rumus. Kalau udah ketemu 2 mata kuliah itu siap-siap ketemu buku Daftar Ilmu Pelayaran dan Almanak Nautika yang tebel banget. Ga cuma itu sih, di buku itu juga banyak angka dan font-nya kecil-kecil. Wah, pokoknya ribet deh. Mungkin selain berat di otak, berat juga di tas bawa buku tebal-tebal.  

Yang bikin lo semangat banget kuliah juruasan ini apa sih? Karena cowoknya kah? Dosennya? Atau lain-lain?

Yang bikin gue semangat itu kedua orang tua gue. Karena gue pengin buat ngebahagiain mereka. Dan mereka udah sekolahin gue sampai ditahap udah mau lulus gini pastinya butuh biaya yang ga sedikit.

pelayaran-4

Harapan lo dari jurusan pelayaran?

Bisa berlayar ke luar negeri, bisa jalan-jalan gratis, terus dapat gaji yang lumayan besar juga. He he he. Dari situ juga gue bisa penuhin target-target yang belum kecapai selama ini. Mungkin terlalu gampang buat dibayangin, tapi kalo terus usaha pasti bisa.

Selain itu, gue juga ada harapan secara umum. Indonesia kan Negara Maritim. Makanya, gue ngarep sistem pelayaran di Indonesia harus jauh lebih baik lagi. Btw, jurusan pelayaran jaman sekarang bisa dibilang jurusan favorit lho, ga sedikit yang mau masuk ke akademi Pelayaran.

Banyakan cewek apa cowok sih di pelayaran?

Pastinya banyakan cowok (Taruna). Untuk ceweknya (Taruni) ga lebih dari 20 orang. Untuk angkatan gue aja cuma 14. Ceweknya cuma ada di jurusan Nautika dan KPN.

Style ngampus ala anak pelayaran kayak gimana sih?

Untuk style rambut yang cowok harus botak, botum (botak tumbuh) dan cepak. Itu urutannya. He he. Dan uniknya tiap angkatan beda ukurannya. Pas tingkat I, sebelum dilantik ukurannya 0-0-0 alias plontos, setelah dilantik ukurannya 1-0-0. Tingkat II ukurannya 3-2-1. Tingkat III karena udah ga di Kampus lagi (persiapan Praktek Laut) jadi bebas tapi tetap rapi.

Itu buat yang cowok. Nah, bagi yang cewek, rambutnya harus bondol alias cepak. Untuk seragam harus press-body­, cowok maupun cewek, terkecuali cewek yang berhijab. Ada ketentuan juga buat nyetrika baju seragam supaya di bagian belakang baju bisa ada garis ke samping gitu, susah dijelasin sih. He he. 

Di Pelayaran lo cuma boleh pake jam tangan warna hitam atau cokelat. Sepatu PDH hitam dan putih juga harus selalu disemir biar mengkilap.

pelayaran-5

Susah ga sih masuk Pelayaran?

Gampang-gampang susah sih. Kalo emang niat pasti bisa aja, tergantung dari kampus yang lo masukin sih. Asal fisik kuat pas ikut tes kesamaptaan (tes kesehatan jasmani) pasti bisa lolos.

Biayanya mahal ga? Bisa cerita biaya per semesternya?

Ya, semua tetap balik lagi tergantung kampusnya. Kalau di tempat gue sekolah saat ini, termasuk murah sih. Pas angkatan gue, per-semester cuma 2.500.000, itu udah termasuk biaya Ujian Semester. Kuliah Pelayaran itu memang butuh modal besar, karena bakal ada pengeluaran buat lain-lainnya kayak ujian simulator, ujian sebelum praktek, ujian sesudah praktek, dan biaya diklat untuk ngambil sertifikat-sertifikat yang banyak banget jumlahnya.

Oh ya, buat ngambil sertifikat sebagai syarat kelulusan paling nggak butuh 20 juta (untuk 13 sertifikat). Makanya gue udah mulai nyicil dari tahun kemarin biar ga berasa besar banget biayanya.

Pesan lo buat Ouchers yang pengin masuk jurusan Pelayaran.

Yang paling penting siapin fisiknya. Kalo lo ga kuat fisik, ga akan bertahan. Kayak yang tadi gue bilang, ada apel siang terus dijemur siang-siang gitu. Kalo lo ga kuat ya bisa pingsan. Bukan cuma buat cewek, ada juga cowok yang ga kuat.

Yang kedua, siapin mental. Lo masuk pelayaran berarti lo siap dididik Militer. Siap dibentak, tapi… bentak di sini bukan berarti dimarahin terus, itu karena tegas. Satu lagi nih, mungkin ada yang minat banget masuk pelayaran tapi ada ketakutan, yaitu disiksa. Ubah mindset lo deh. Pelayaran ga kayak gitu kok.

Di kampus gue ga ada yang kayak gitu. Selama lo ga salah, ga akan dihukum. Kalo pun emang lo harus dihukum ya paling push up, itung-itung olahraga aja.

Baca: 7 Jurusan Kuliah Paling Unik Versi Majalah OUCH!

Ouchers, gimana, seru ga cerita Susan soal kuliah Pelayaran? Seperti yang Susan bilang, kuliah di Pelayaran bikin lo punya mental dan fisik yang kuat. Selain itu, lo juga bisa jelajah dunia lewat dunia Pelayaran, Sob. Tertarik buat masuk jurusan ini?

Share Button


Comments


  1. Badru June 20, 2015 at 21:53

    mantap hehe

  2. Firdaus Afwindra June 21, 2015 at 01:30

    Salut buat Susan.. Walau cewek, tapi ketekunan & semangatnya sangat kuat utk menjadi pelaut & meramaikan dunia maritim.

    Jadilah pelaut yang baik & cakap, bahagiakan orang tua, & buat bangga almamatermu..

    Tetap semangat dan sukses! Jales Viva Jaya Mahe!

    Dari seniormu angkatan ’99

  3. Aryon June 21, 2015 at 01:43

    AMAN JAYA emang keren habis..selamat n sukses buat semua taruna n taruni..maju terus pantang mundur…tetap semangat demi sebuah cita2 untuk mengarungi lautan luas..kibarkan dan harumkan nama besar aman jaya.
    aryon T29/95

  4. Agus hidayatullah July 13, 2015 at 22:38

    Salut buat susan, jadilah pelaut yang handal dan jangan lupa jaga almamater yang telah menjadikan susan sebagai pelaut yang telah menjadi cita-cita.

    Teknika ’99

  5. nanda August 21, 2015 at 21:34

    Mau nanya2 soal akademik ini.
    Bantu donk kak,
    Kalo kuliah d amanjaya tinggal ny harus d asrama

  6. Pipit R February 11, 2016 at 16:49

    Mantepppp…. jdi kngen lagi ama dunia maritim…. TIRTA JAYA CAKTI ….0574360002

  7. Supangat Budi Satrio May 01, 2016 at 14:41

    Saya punya semangat, ambisi yang besar masuk Pelayaran, Salut buat kak Susan yang bisa menjalani proses yang sudah di lewatinya. saya calon taruna 2016.

    Best regards

  8. Andrew Muliate May 28, 2016 at 03:33

    Semangat Kak Susan! Semoga cita-cita kita semua dapat tercapai dengan baik!

  9. andika randa lembang May 29, 2016 at 22:24

    Saya punya tekad dan semangat yg besar untk mnjdi pelayaran,slut sma kkak susan,walau sy msih SMA tpi sya sdh mempersiapkan fisik dan mental untk masuk sklh pelayaran

Leave a Comment