Keren! SMAN 7 Punya Eskul Gambang Kromong


Share Button

gambangkromong2

Disaat semua anak SMA milih untuk ikutan eskul modern dance, basket atau cheerleaders. Anak-anak SMAN 7 jakarta ini malah milih eskul yang  anti-mainstream banget Sob. Eskul yang mereka pilih adalah kesenian khas Betawi lho. Mau tau ga mereka milih eskul apa? Cek nih artikelnya.

Udah vakum cukup lama, eskul Gambang Kromong ini dihidupkan kembali sama beberapa anak SMAN 7 Jakarta yang penasaran sama kesenian Jakarta yang satu ini Sob. Berawal dari dikasih tugas untuk ngebersihin alat musik Gambang Kromong sama guru mereka, eh mereka akhirnya pengin tau dan akhirnya mempelajari cara main alat musik ini Sob.

Eh ngomong-ngomong lo pada tau ngga, apa itu gambang kromong? Nih, OUCH! kasih tau, Gambang kromong adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa, kayak sukong, tehyan, dan kongahyan. Sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi, yaitu gambang dan kromong.

gambangkromong

Nah, awal mula terbentuknya orkes gambang kromong  ini  gara-gara seorang pemimpin komunitas Tionghoa  yang bernama Nie Hoe Kong Sob. Lagu-lagu yang biasa dibawain sambil main musik gambang kromong adalah lagu-lagu yang isinya bersifat humor, gembira, dan kadang bersifat ejekan. Jadi seru kan Sob, kalo becanda sama temen lo pake musik gambang kromong, jarang-jarang tuh, hehehe.

gambangkromong3

Okeh, balik lagi ke eskul gambang kromong SMAN 7 Jakarta, walaupun kebanyakan dari anggota eskul Gambang Kromong ini bukan orang Betawi asli, mereka tertarik banget lho sama kesenian ini.  tahun lalu mereka juga sempet ikutan lomba di Setu Babakan yang diadain sama salah satu instansi Sob. Sayangnya, karena baru banget terbentuk mereka belum terlalu jago dan akhirnya kalah deh. Biarpun kalah, mereka ga kapok buat ikutan lomba lagi lho.  Semangat terus Sob!

Nah, buat lo yang mau eskulnya eksis OUCH!, gampang banget kok Sob. Lo tinggal kirim aja cerita tentang eskul lo ke ouch@mycakrawala.com . Ditunggu yak!

Share Button


Comments


Leave a Comment