Kenapa Pilih SMK? Ini Pendapat Anak SMKN 1 Bekasi


Share Button
Ilustrasi: anak SMK saat merakit salah satu mesin. Gambar: kemdikbud.go.id

Ilustrasi: anak SMK saat merakit salah satu mesin. Gambar: kemdikbud.go.id

“Kenapa pilih SMK?” Pertanyaan kayak gini sering banget kita dengar. Meski sekarang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) udah jadi pilihan banyak pelajar, tapi masih banyak kok yang kepo, apa sih alasan saat seseorang pilih SMK.

Pertanyaan yang sama coba OUCH! lempar ke pelajar SMKN 1 Bekasi saat berkunjung ke sekolahan satu ini. Ternyata, alasannya beragam Sob. Salwa misalnya. Cewek yang sekarang masuk di jurusan Tata Busana ini dari awal emang pengin masuk SMK. Doi punya alasan sendiri kenapa pilih SMK.

Cewek yang dulunya bercita-cita jadi atlet bulu tangkis ini pengin langsung kerja habis lulus SMK. “Emang udah ada niatan sih habis lulus SMK mau kerja,” jelas Salwa.

Deretan piala yang pernah diraih SMKN 1 Bekasi

Deretan piala yang pernah diraih SMKN 1 Bekasi

Selain itu, doi pilih SMK juga karena pengin dapat keterampilan. Nah, ngomongin soal keterampilan, SMK emang tempatnya.

Baca: Di SMKN 1 Bekasi, Pengajar Didatengin dari Daihatsu, Indosiar dan Perusahaan Gede Lainnya

Lain Salwa, lain juga Jasmine. Sama-sama dari jurusan Tata Busana, Jasmine ngungkapin kalo alasan doi pilih SMK karena pengin mendalami skill di bidang desain. “Jadi pengin nerjunin Tata Busana aja. Cita-cita pengin jadi desainer,” ucap cewek yang ngefans sama Tex Saverio ini.

Alasan berbeda ditunjukin oleh Intan dan Novita. Pilihan masuk SMK mereka lakuin sebab dapat dorongan dari orang tua. Bagi Intan sendiri, awalnya doi ga suka sama jurusan di SMK. Tapi sekarang doi bisa nikmati jurusan yang dipilih doi. Sama seperti Intan, Novita juga dapat dorongan dari ortu buat pilih SMK.

“Awalnya pengin ke pesantren sih, tapi diminta masuk SMK,” sebut cewek SMKN 1 Bekasi ini.

Setiap orang pasti punya alasan berbeda-beda Sob. Selain beberapa alasan di atas, alasan lain kenapa pilih SMK adalah karena telat mendaftar di sekolahan lain, sebab ikut teman, atau karena emang tertarik banget di bidang otomotif. Nah, lo sendiri yang masuk di SMK, apa alasan lo Sob?

Baca: Apa Kabar Kotak Saran? Hari Gini, Masih Fungsi Ga Sih Benda Satu Ini?

Lo juga bisa daftarin sekolah lo buat diliput jadi artikel OUCH! selama sebulan, lho. Caranya, kirim kontak guru kesiswaan atau humas sekolah yang bisa dihubungi ke email ouch@mycakrawala.com.

 

 

Share Button


Comments


Leave a Comment