Kenali Kebudayaan Lewat Balada Kopaja 13


Share Button

Kata siapa anak muda udah ga peduli sama budaya sendiri? Buktinnya ikatan Abang None Jakarta Pusat bikin ajang keren, yang bikin kita harus kenal sama budaya sendiri, salah satunya Betawi.

Berlokasi dihalaman Kantor Walikota Jakarta Pusat, upacara pembukaan Balada Kopaja 13 (Lomba Balapan dan Adu Konsentrasi Pemuda dan Pelajar Jakarta pada tahun 2013) dipimpin langsung sama DR. H. Saefullah, M.Pd, selaku Walikota Jakarta Pusat, pada hari Minggu, (31/03/13).

Dalam acara upacara pembukaan ini, pak Walikota juga memberikan secara simbolik ID dan kaos peserta, yang merupakan tanda bahwa pelaksanaan acara Balada Kopaja 13 yang resmi dibuka.

Jaka Pradipta, selaku ketua pelaksana acara ini ngejelasin,

“Balada Kopaja 13 merupakan salah satu program dari Abang None Jakarta Pusat.  Kita membuat program yang konsepnya seperti reality show The Amazing Race. Kita mengajak anak-anak muda untuk mengetahui destinasi yang ada di Jakarta, terutama Jakarta Pusat. Jadi, mereka kita tantang untuk keliling dan bermain games disana.”

Peserta yang mengikuti Balada Kopaja 13, berjumlah 100 orang yang dibagi menjadi 20 tim dan masing-masing terdiri dari 5 orang. Peserta yang mengikuti acara ini berasal dari pelajar, mahasiswa, serta komunitas.

Para peserta harus memperlombakan 12 pos, diantaranya Museum Nasional, Monumen Nasional (Monas), Pasar Baru, Lapangan Banteng, Museum Joang, Taman Ismail Marzuki, Tugu Proklamasi, Taman Menteng, Bundaran HI, dan Taman Prasasti.

Peserta akan ditantang oleh panitia, siapa yang memiliki waktu tercepat sampai finish setelah melewati semua pos, dan yang punya sisa uang terbanyak, akan menjadi pemenang. Bekal yang diberikan panitia untuk peserta yaitu uang Rp. 120.000,- dan minuman per kelompok. Seru ya Sob?!

Pengumuman pemenang pun dilakukan hari itu juga, sekitar pukul 16.00 di Aula Serbaguna Walikota Jakarta Pusat, dengan hadiah 4 Juta Rupiah untuk Juara Pertama, 3 Juta Rupiah untuk juara kedua, dan 2 Juta Rupiah untuk juara ketiga. Ga cuma itu, masih ada juara favorit dengan hadiah 1 Juta Rupiah dan ada 5 Ipod Nano untuk lima peserta terpilih.

Jaka berharap, agar anak muda Jakarta lebih tahu lagi tentang budaya dan sejarah Jakarta itu sendiri. Ini juga merupakan program dari Abang None Jakarta Pusat yang bertujuan bahwa, Abang None itu ga hanya sebuah ajang saja, tetapi ada misi dibalik itu, yaitu untuk melestarikan budaya Betawi.

(Reporter: Achmad Rafiq/ Fotografer: Achmad Rafiq @Rafiq_Rafqi )

Share Button


Comments


Leave a Comment