Jadi Anak PASKIBRA Itu Keren, Ini Alasannya


Share Button

gabung paskibra

Bulan Agustus adalah bulan spesial buat Indonesia karena inilah bulan dimana kemerdekaan negara republik Indonesia diumumkan, dan yang jadi budaya tahunan adalah upacara bendera di istana negara dan di setiap sekolah bahkan kantor.

Baca: 10 universitas kualitas terbaik menurut lembaga luar negeri.

Upacara bendera di istana negara kelihatannya biasa aja sih tapi tahu gak kalau persiapannya itu gak sepele! apalagi para pasukan pengibar benderanya alias para anggota PASKIBRA. Mereka adalah orang-orang terpilih dari seluruh Indonesia dan latihan berhari-hari lebih dari sebulan cuma untuk lakukan upacara sekitar satu jam lamanya.

Pastinya di setiap sekolah punya kegiatan ekstrakulikuler PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera) yang selalu muncul di tiap upacara bendera. Latihan baris-berbaris, panas-panasan di tengah lapangan sampai mesti latihan fisik ala tentara.

cowok idaman komandan paskibra

Jadi anak PASKIBRA memang capek, lo mesti latihan ala tentara di tengah lapangan panas cuma buat lakuin hal yang sama; ngibarin bendera! tapi bukan itu Sob poinnya jadi anak PASKIBRA.

Baca: 10 SMA unggulan se-Indonesia idaman para orang tua.

Kalo lo jadi anak PASKIBRA, lo bakal jadi orang yang lebih dewasa dan bertanggung jawab karena hasil latihan PASKIBRA yang bikin lo disiplin sama diri sendiri. Skill disiplin kayak gini yang dicari sama semua orang di dunia kerja, bahkan misalkan lo mau bikin bisnis sendiri pun mesti disiplin akan banyak hal.

Beberapa tahapan untuk menjadi anggota PASKIBRA istana negara dimulai dari sekolah lalu naik ke tingkat wilayah. Untuk masuk jadi tim PASKIBRA wilayah mesti lewatin seleksi ketat dari PASKIBRA sekolah. Tugas dari PASKIBRA wilayah adalah mengibarkan bendera di upacara tingkat wilayah propinsi kanwil dan departemen agama.

seragam baru paskibra

Kalo lolos seleksi dari PASKIBRA wilayah, lo bisa naik tingkat gabung jadi anggota PASKIBRA DKI. Untuk jadi PASKIBRA DKI, tiap peserta seleksi mesti ikut kegiatan yang namanya GLASILA buat tingkat SMP dan GLADICAKA buat tingkat SMA. Dari situ lo bakal dikasih pelatihan dan tes buat dapetin sertifikasi dan lencana.

Baca: 7 SMA penghasil artis terbanyak di Jakarta.

Setelah dari PASKIBRA DKI, tingkatan teratas adalah menjadi anggota PASKIBRA nasional. Di tingkat ini yang seleksi para calon anggotanya adalah Polisi dan ABRI walaupun cuma untuk jadi anggota PASKIBRA nasional. Inilah orang-orang yang kita lihat di tivi saat upacara bendera di istana negara.

Biar tambah semangat, nih  lihat aksi anggota paskibra anak-anak Semarang yang heboh di Youtube!

Share Button

Comments


Leave a Comment