“Ini Ibu Budi”, Metode Belajar yang Legendaris


Share Button

inibudi23

Pertama kali lo belajar membaca waktu SD pasti diajarin membaca “Ini ibu Budi”. Siapa yang ga tau sama kalimat yang legendaris ini? Tapi lo tau ga sih, apa aja metode belajar jaman SD dulu selain “Ini ibu Budi”. Simak di sini Sob.

Nulis sambung

inibudi

Jaman SD dulu pasti kita diajarin yang namanya nulis huruf sambung, yang harus tebal dan tipis. Ternyata banyak  manfaat dari belajar menulis sambung ini lho, Sob. Pertama, ini berguna buat melatih otak. Terus belajar nulis sambung ini juga berguna buat bikin tanda tangan. Eits ga itu aja, dengan belajar nulis sambung, lo juga bisa membaca dokumen-dokumen bersejarah. Karena, dokumen tersebut semuanya ditulis dengan huruf sambung, Sob.

Berhitung dengan lidi

inibudi2

Jaman SD dulu, untuk mempermudah berhitung para siswa pasti disuruh bawa segenggam lidi sebagai alat peraga. Tapi, seiring perkembangan jaman, semakin banyak alat peraga yang lebih menarik, Sob. Secara belajar berhitung bikin kepala mumet, ga asyik dong kalo ngeliatin lidi doang. Guru SD jaman sekarang, banyak menggunakan alat peraga berwarna kayak balon biar suasana jadi menyenangkan Sob.

Ini Ibu Budi

inibudi4

Nah ini dia metode belajar yang legendaris banget Sob. Pasti lo familiar banget sama kalimat “Ini ibu Budi”. Yup, ini adalah metode belajar membaca yang udah ada sejak lama Sob. Mulai dari om, tante sampe nyokap dan bokap lo pasti tau metode belajar ini Sob. Tapi jaman sekarang metode ini udah ga lagi dipake dengan berbagai alasan.

Baru-baru  ini ada berita duka dari Siti Rahmani Rauf, penemu metode ini. 10 Mei kemarin, beliau baru saja meninggal dunia akibat sakit, Sob. Walaupun metode beliau udah ga dipake lagi, tapi doi sangat berjasa buat angkatan tahun 80-an dan 90-an, Sob.

Semakin berkembangnya jaman, berkembang juga metode belajarnya Sob. Dengan murid yang lebih kritis dan teknologi yang makin canggih, para guru harus muter otak biar belajar lebih menyenangkan dan murid lebih cepat menangkap. Mulai dari metode demonstrasi, simulasi sampe metode belajar sambil bermain, lebih banyak diterapkan saat ini Sob.

Nah, kalo lo lebih suka metode belajar jaman dulu atau jaman sekarang nih Sob?

 

 

Share Button


Comments


Leave a Comment