Ini Dia Kereta Cepat Terpanjang di Dunia


Share Button

Kereta api emang jadi salah satu alternative transportasi yang penting, ga cuma di Indonesia, di China juga lho Sob. Makanya, belum lama ini China ngebuka jalur kereta api berkecepatan tinggi terpanjang di dunia antara Beijing dan Guangzhou.

Dengan kecepatan rata-rata 300 km per jam, kereta api ini akan mangkas perjalanan antara Beijing-Guangzhou yang dengan kereta api biasa butuhin waktu 22 jam jadi cuma delapan jam.

“Ini adalah jalur kereta api peluru terpanjang di dunia. Dan jalur ini adalah salah satu yang teknologinya paling maju di China dan di dunia,” kata Menteri Perkeretaapian China Zhou Li.

Pemerintah China belum lama ini mamerin kecanggihan kereta api ini dengan ngajak para wartawan menikmati perjalanan. Para wartawan diajak menjelajah Beijng ke Zhengzhou sejauh 693 km, yang juga adalah rute kereta api cepat ini.

Dengan kecepatan 300 km per jam, kereta api ini menembus sungai dan danau beku serta dataran yang dilapisi salju. Perjalanan sejauh hampir 700 km itu ditempuh cuma dalam waktu 2,5 jam.

Meski bergerak dengan kecepatan tinggi, kereta api dengan desain kayak peluru itu berjalan sangat lembut dan nyaris ga ngeluarin suara selain suara dengung kecil hampir di sepanjang perjalanan.

Ck..ck..cepet amat yak ni kereta. Kalo dipake di Indonesia, Jakata-Depok jadi cuma berapa menit nih?

Share Button


Comments


Leave a Comment