Hubungan Segitiga Antara Hormon, Makanan Dan Bulu Ketek


Share Button

manfaat bau ketek cowok

Pertanyaan:

Mau nanya nih, bau ketek itu urusannya sama hormon, makanan, apa bulu ketek sih sebenernya? Apa tiga-tiganya malahan jangan-jangan? (Rendra – majapahitsanXXXX@ymail.com)

 

Jawaban:

Masbro Rendra, yang mesti lo ketahui pertama adalah keringat dihasilkan dua kelenjar yang ada di lapisan kulit yaitu ekrin (eccrin) dan apokrin (apocrine), kelenjar apokrin mulai aktif saat memasuki usia pubertas alias usia anak SMP-SMA gitu.

Kelenjar ekrin tersebar di seluruh badan tapi kebanyakan ada di telapak tangan, kaki dan wajah dan menghasilkan air keringat bercampur garam. Sedangkan kelenjar apokrin itu mengeluarkan air keringat bercampur lemak yang terpusat di ketiak (ketek lo bro) dan sekitar alat kelamin, saat bercampur bakteri bakal bikin bau.

Ngomong-ngomong soal bulu kemaluan, lo dah baca kan artikel Ouch yang bahas soal manfaat cukur bulu kemaluan pada kesehatan?

Keringat yang dihasilkan kelenjar itulah yang berpotensi menghasilkan bau badan saat bersentuhan dengan bakteri, makanya biasanya orang bau ketek waktu Olahraga karena banyak keringat keluar dari kelenjar itu.

Selain setelah aktivitas olahraga, buat beberapa cowok juga bakal ngerasa keluar keringat dingin tiap PDKT sama cewek, dan itu wajar; ada yang anggap tanda penyakit jantung tapi selama itu gak berlebihan berarti masih tahap normal.

mimisan tiap deket cewek

Banyak atau dikitnya keringat yang keluar dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: aktivitas tubuh, suhu lingkungan, emosi dan rangsangan saraf. Sedangkan bau badan bisa dipicu oleh gen maupun makanan.

Memang ada beberapa makanan yang bikin lo bau ketek tapi tenang, selama lo tetap makan sehat dan gak berlebihan sih mestinya gak ada masalah. Keringat itu gak perlu dihindari kok, malahan kalau ada orang yang gak keringetan itu tandanya gak sehat; kenapa bisa begitu? karena keringat pun punya dampak positif dan negatif, kayak sisi koin.. duileeeh :D

Manfaat positif berkeringat:

  1. Buang racun di dalam badan
  2. Bikin dingin badan lo saat cuaca panas
  3. Bakar kalori (bikin kurus)
  4. Bikin rileks
  5. Bikin lancar peredaran darah
  6. Percantik kulit

Dampak negatif berkeringat:

  1. Bikin baju lo basah, kecuali lagi gak pake baju
  2. Bikin baju ada bekas kekuningan karena garam keringat
  3. Bikin iritasi kulit buat yang sensitif sama keringat
  4. Bikin badan lo jamuran kalau gak pernah mandi tapi keringetan terus

 

Kalau lo merasa badan bau ketek dan deodoran pun gak mempan ngilanginnya, Madam sudah punya solusi ampuh menghilangkan bau badan tanpa deodoran.

Jadi, apa bau ketek ada urusannya sama hormon, makanan dan bulu ketek? jawabannya iya ada banget karena ketiganya saling pengaruhi. Intinya rawatlah tubuh lo dengan baik dan benar karena itu aset bro; buat cari cewek dan lain-lain. Kalau sehat kan yang untung lo juga.. Siip.

 

 

Nah, buat lo yang pengin mencurahkan pertanyaan soal “Secret Area”, daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di sini. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject Secret Area, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH! .

Share Button

Comments


Leave a Comment