Guru yang Banyak dibutuhin di Tahun 2020-an


Share Button
sumber : google

sumber : google

Madam, gue mau minta sarannya dong. Gua pengen banget jadi guru, tapi gue masih bingung mau jadi guru apa. Kira-kira guru apa ya Madam yang bakal banyak dicari di Tahun 2020-an? Mohon saran dan masukannya ya Madam, terima kasih. 

Velia Radhifa via ouch@mycakrawala.com

Halo, Velia mulia banget deh cita-cita lo mau jadi guru. Untuk ngewujudin cita-cita jadi nyata emang butuh usaha yang matang dan konsisten. Lo ga perlu bingung lo nanti mau jadi guru apa, cukup lo rasain aja mulai sekarang mata pelajaran apa yang paling lo kuasai dan lo sukai pastinya. Karena bekerja kalau bidangnya kita suka pasti bakal asik banget jalaninnya.

Baca : Bingung Nentuin Kuliah yang Cocok

Ada beberapa bekal yang harus lo punya biar lo bisa jadi guru yang baik nantinya, yuk cek dulu :

1. Kompetensi

Jadi seorang guru otomatis lo bakalan dianggep tau segala hal sama murid-murid lo nantinya. Tapi bukan berarti lo harus tau segala hal secara mendetail. Cukup punya kompetensi yang cukup di bidang ilmu yang bakalan lo ambil nanti. Kalo lo udah faham inti dari bidang yang lo ambil Madam yakin lo pasti bakalan tau cara buat nyelesain soal-soal yang berhubungan sama ilmu yang lo pilih. So, dari sekarang lo bisa mulai pilih di ilmu mana lo bisa lebih enjoy buat mendalaminya.

2. Kreatifitas

Jadi guru, ga cuma lo harus tau segala macam hal tentang pelajaran aja. Tapi lo juga dituntut untuk punya jiwa kreatifitas. Jiwa kreatifitas lo di sini bakalan berguna banget buat lo cari tau metode apa yang pas buat ngajarin murid-murid lo. Kreatifitas bakalan jadiin seorang guru punya kelas yang seru, mengajar yang baik tentunya bakal bikin murid-muridnya jadi ga keberatan kalo dikasih tugas nantinya. Kreatifitas yang tinggi juga yang kebanyakan dimiliki sama guru-guru yang selalu jadi favorit di sekolah.

3. Jiwa Ikhlas

Nah di sini sebenernya yang paling penting. Kayak yang Madam bilang dari awal, lo harus enjoy sama apa yang bakal lo kerjain nantinya, dengan begitu lo bisa ikhlas juga pas ngajarin ilmu ke murid-murid lo. Lo harus ikhlas nerima perlakuan murid-murid yang terkadang emang diluar dugaan, tapi lo harus tetep berjiwa besar dengan niat tulus mau memberikan ilmu buat mereka. Pastinya lo bakalan lega dan bangga banget dong kalau murid-murid lo bisa sukses di kemudian hari? atau seenggaknya murid-murid lo  dapet nilai bagus di mata pelajaran yang lo ajarin.

Baca : Disuruh Masuk Jurusan IPA, Tapi Nilai Lebih Gede di IPS

Nah, begitu ya Sob, jadi guru apapun lo nantinya pastinya harus sesuai kata hati lo. Persiapin mulai sekarang, bukan cuma kompetensinya aja tapi juga lo harus juga siapin mental lo biar lo konsisten kedepannya. Semoga bisa bantu lo ya Sob, semoga cita-cita lo menjadi guru bisa teruwujud.

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan,atau masalah sekolah daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

Share Button


Comments


Leave a Comment