Gimana Ya Cara Ngilangin Kebiasaan Buruk?


Share Button

omg_kitchen-crew

Madam, gue cewe tapi gue ngambil jurusan Teknik Komputer dan otomatis temen kelas gue cowok semua. Gimana caranya biar gue bisa ngilangin kebiasaan buruk gue tiap kali nongkrong sama temen-temen cowok gue? Tolong dijawab ya gue mau rubah sikap gue minimal kebiasaan gue yg selalu ngomong kotor. 

Adelia prastiw  via FB Majalah OUCH!

Halo Adelia. Pertama baca curhatan lo, Madam langsung mikir lho kalo lo ini cewek yang keren hehehe. Hmm, terlalu sering bergaul sama temen-temen yang mayoritas cowok emang kadang bikin lo yang cewek tulen jadi keikutan bergaya kayak cowok. Karena memamng pada dasarnya cara bergaul cowok beda banget sama cewek.

Emang ga gampang sih Sob, ngilangin kebiasaa buruk kita. Tapi kalau ga dicoba berubah kapan mau berubah? Oke, sekarang saatnya lo baca tips dari Madam, gimana cara ngilangin kebiasaan buruk lo pas lagi sama temen-temen cowok lo.

Baca : Yuk Tingkatin Kepercayaan Diri Lo Dengan 3 Hal Ini!

1. Yuk, fokus sama kebiasaan baik lo!

Yups, kalau lo ngerasa ada beberapa hal yang lo pikir jadi kebiasaan buruk lo. Coba deh sekarang fikirin apa aja sikap baik lo yang selalu jadi kebiasaan lo. Kayak misalkan selalu bantu temen dalam kesusahan atau ga pernah absen ngerjain PR dari sekolah. Nah, ketika lo fokus sama kebiasaan-kebiasaan baik lo, lo akan berfikir bahwa kebiasaan buruk yang pernah lo lakuin adalah bukan diri lo dan diri lo yang sebenarnya adalah si Adelia dengan kebiasaan baiknya.

2. Alihkan Fikiran

Nah, kalo lo udah berfikir mau ngelakuin hal buruk lagi. Coba deh lo alihin fikiran lo ke hal lain yang lebih menarik. Inget ya hal yang jauh lebih menarik dan tentunya baik buat lo dan orang-orang di sekitar lo. Madam yakin deh lo bakal bisa teralihkan dan ga jadi ngelakuin kebiasaan buruk lo itu. Kayak kalo lo mulai ngomong kotor lagi, pas lo sadar langsung aja deh lo rem omongan lo terus lo bisa ajak temen-temen lo ngobrolin hal lain ya gak perlu bikin lo ngomong-ngomong kata-kata kotor lagi.

3. Komitmen

Perubahan yang signifikan ngebutuhin waktu dan komitmen yang kuat Sob. Jangan cuma komitmen dalam hati, tapi tulis komitmen itu di sebuah kertas yang bisa lo baca kapanpun, kayak di samping meja belajar atau meja rias lo. Dengan gitu setiap hari lo bakalan selau diingetin dengan niat lo untuk berubah ke hal yang lebih baik.

4. Cari Kebiasaan Pengganti

Karena kebiasaan buruk lo suka muncul pas lo kumpul bareng temen-temen cowok lo. Mulai sekarang coba deh acara nongrkrong yang ga jelas bisa lo ganti dengan acara belajar bareng. Tapi inget bener-bener belajar ya. Lo juga bisa ngurangin kumpul-kumpul lo bareng temen-temen cowok lo dan mulai sedikit-sedikit ikutan kumpul sama temen-temen cewek. Dari situ lo bisa belajar juga gimana sih si cewek-cewek itu kalau lagi kumpul.

Nah, gimana Adelia? Semoga jawaban dari Madam bisa bantu lo ya. Selama lo punya niat untuk berubah Madam yakin disitu juga akan ada jalan buat lo bisa berubah. Semangat Adelia!

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan,atau masalah sekolah daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

 

Share Button


Comments


Leave a Comment