Gimana Keramas Yang Bener?


Share Button

Mungkin selama ini kita ga terlalu peduli sama cara nyuci rambut. Yang penting basah, pake shampo terus dibilas, iya kan?? Ngaku deh Sob!

Lo harus tau nih, helaian rambut yang bersifat lembut dan halus emang mudah rusak kalo dapat perlakuan yang salah. Ga pengen kan rambut kita terus bermasalah cuma karena kita ga tau cara mencucinya? Makanya, ikuti tips berikut.

Langkah 1: Menyisir rambut terlebih dahulu, karena mencuci rambut yang kusut justru akan membuatnya tambah kusut. Jangan menyisir rambut saat keadaan basah, karena akan membuatnya rontok, rapuh, dan mudah patah.

Langkah 2: Basahi rambut dan kulit kepala dengan air hangat yang akan membuka kutikula, serta menghanyutkan semua minyak dan kotoran. Lebih baik basahi rambut di bawah pancuran dengan air yang mengalir.

Langkah 3: Tuangkan shampoo ke telapak tangan secukupnya, gosok perlahan, lalu pakaikan pada rambut dan kulit kepala. Lakukan sambil melakukan pijatan dengan ujung jari, agar memperlancar peredaran darah di kepala. Jangan sesekali menggaruk, karena akan melukai kulit kepala dan bikin iritasi.

Langkah 4: Bilas rambut dengan air dingin untuk nutup kutikula yang sebelumnya udah kebuka. Pemakaian shampoo bisa diulang lagi, lalu bilas dengan air dingin.

Langkah 5: Peras rambut dengan lembut untuk ngurangin kadar air, kemudian usapkan kondisioner pada helaian rambut saja. Hindari pemakaian kondisioner sampai kulit kepala, karena akan menyebabkan gatal dan ketombe. Bilas dengan air dingin sampai kondisioner benar-benar luruh.

Langkah 6: Untuk ngeringin, peras rambut perlahan dan tempelin handuk, tapi jangan digosok-gosok. Terus, biarin rambut kering dengan sendirinya.

Share Button


Comments


Leave a Comment