Film Indonesia Bikin Bangga


Share Button

Karya film anak-anak Indonesia juga patut diacungin jempol Sob. Banyak film-film yang gores prestasi dan bertengger di Box Office. Kita juga wajib nonton nih film, supaya kita makin bangga sama film Indonesia.

Baca: Film Ini Mention Terus Nama Indonesia

Kala

Kala – 2007

Kala adalah film karya sutradara Joko Anwar yang punya judul lengkap Dead Time : Kala. Film ini disebut-sebut kritikus sebagai film Indonesia bergaya film noir (film noir adalah sebuah istilah sinematik yang digunakan untuk menggambarkan gaya film Hollywood yang menampilkan drama-drama criminal) pertama. Di Festival Film Indonesia 2007 film ini, sukses menyabet penghargaan sinematografi dan artistik terbaik.

rumah-dara1

Rumah Dara – 2010

Film yang rilis tahun 2009 ini diadaptasi dari film pendek Dara dalam film horor antologi Takut: Faces of Fear. Dalam Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan 2009) aktris Shareefa Danish menyabet penghargaan sebagai Best Actress. Selain PiFan film karya Mo Brothers ini, juga diputer di festival film lainnya, seperti Fantastic Fest 2009 di L.A, USA dan Fantastic Film Festival Germany 2009.

133007961216064_300x429

Modus Anomali – 2012

Film Modus Anomali yang mulai tayang di tahun 2012 ini, sukses memenangkan penghargaan Bucheon Award di ajang Network of Asian Fantastic Films (NAFF) yang merupakan bagian dari Puchon International Fantastic Film Festival di Korea Selatan.

laskar-pelangi-1

Laskar Pelangi – 2008

Suka film-film inspirasi Sob? Berarti lo wajib nonton film ini, film yang diadopsi dari novel laris karya Andrea Hirata dengan judul yang sama juga menjadi salah satu film yang diputar di Festival Film International Fukuoka 2009 di Jepang.

Setelah kesuksesan penayangannya di bioskop tanah air, negara lain seperti Spanyol, Italia, Namibia, Hongkong, Singapura, Jerman, Amerika, Australia, dan Portugal juga ikut menayangkan film tentang mimpi 10 anak di desa terpencil yang berusaha buat mencapai pendidikan tertinggi.

Film yang digawangi sama Riri Riza dan Mira Lesmana ini, akhirnya meraih penghargaan The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di International Festival of Film for Children dan Young Adults di Hamedan, Iran. Penghargaan internasional lainnya, juga pernah disabet jadi nominasi film terbaik di Berlin International Film Festival tahun 2009, plus editor terbaik Asian Film 2009 di Hongkong. Proud of them! 

p478453e4c0bc6

Denias, Senandung di Atas Awan – 2006

Film yang disutradari sama John de Rantau dan diproduksi pada tahun 2006 ini, dibintangi sama Albert Thom Joshua Fakdawer, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen dan Marcella Zalianty.

Film ini juga berhasil masuk seleksi panitia Piala Oscar tahun 2008. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak suku pedalaman Papua yang bernama Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Seluruh setting lokasi dilakukan di pulau Cendrawasih. Cerita dalam film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua yang bernama Janias.

Sebuah film yang harus ditonton oleh mereka yang mengaku peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia. Sebuah film yang dapat membuka pandangan kita tentang betapa pendidikan yang layak di negeri ini masih sangat mahal, masih sangat rumit dan masih banyak terjadi diskriminasi-diskriminasi yang ga masuk akal. Dalam film ini juga dapat kita lihat keindahan provinsi Papua yang berhasil direkam dengan view yang adorable banget.

untitled-1

Pasir Berbisik – 2001

Film Pasir Berbisik disutradarai sama Nan Achnas. Di film ini, lo bisa liat keindahan Gunung Bromo yang keren abiss. Ga Cuma itu, film ini didukung oleh aktris senior Christine Hakim dan cewek yang semua orang Indonesia juga tau, Dian Sastro Wardoyo.

Pasir Berbisik mampu meraih penghargaan internasional, seperti Best Cinematography Award, Best Sound Award, dan Jury’s Special Award for Most Promising Director untuk Festival Film Asia Pacifik 2001, Artis Wanita Terbaik, Festival Film Asiatique Deauville 2002. 

 

 

 

Share Button

Miss September

Passion and Dreams Staying Alive

More Posts - Twitter - Pinterest - Google Plus



Comments


Leave a Comment