Fearless Fact: Antara Bullying dan Tawuran Antar Pelajar Sekolah


Share Button

Hello Ouchers pada edisi kali ini kita akan ngebahas tentang “fearless fact” yang di kalangan remaja SMA yaitu tentang fenomena kekerasan di kalangan pelajar SMA kayak bullying dan tawuran yang belakangan ini marak terjadi. Biasanya kita akan merasakan perasaan menakutkan ini ketika kita baru menjadi murid di suatu sekolah, si anak baru akan merasa deg-degan ketika bertemu orang yang lebih senior karana takut dibully.

Bicara tentang bullying ga bisa lepas dari yang namanya sikap senioritas di kalangan pelajar, pelajar yang lebih senior merasa berhak dan wajar untuk memperlakukan secara kasar adik kelasnya, duh serem yah!. Nah bullying ini ga selalu berupa kekerasan secara fisik aja, perlakuan kasar semacam umpatan dan ejekan pun bisa disebut bullying secara verbal. Sebenarnya para pelaku bullying ini melakukan kekerasan karena trauma dan ingin membalas dendam atas perilaku kekerasan yang mereka alami sebelumnya, hal inilah yang membuat fenomena bullying ini terus marak dan menjadi turun-temurun di kalangan pelajar.

Peran media massa juga ikut ngasih influence, dengan nayangin program-program acara yang berbau kekerasan. Persoalan tentang kekerasaan inilah yang kalo dibiarin bisa terus jadi besar, dan kalo para pelajar udah terbiasa dengan kekerasan inilah yang memicu terjadinya perkelahian antar kelompok atau yang biasa disebut tawuran. Miris kan ngeliat para pelajar SMA yang nantinya jadi generasi penerus bangsa malah sibuk dan asik bertengkar satu sama lain. So kalau kalian merasa sebagai orang yang terpelajar sebaiknya bisa berfikir lebih dewasa dengan tidak melakukan tindak kekerasan secara fisik mau pun verbal, bukan hanya untuk kita tapi untuk generasi-generasi yang akan datang. STOP BULLYING sekarang juga!

Kata mereka

Ognissanti (SMAN 2 Tangerang) : “Orang-orang yang ngelakuin bullying itu ga mencerminkan kalau dia orang yang terpelajar”

Riska Prili : “Udah ga zamannya lagi ngelakuin bullying buat nunjukin kalo kita kuat”

Nadira Putri (SMA Labschool Rawamangun) : “Bullying itu tindakan yang ga ada manfaatnya cuman nyakitin korbannya aja”

Ditulis oleh: Fawwaz Friyan Pratama, SMAN 7 Tangerang

Share Button

Comments


  1. Widagdo December 22, 2011 at 14:50

    haha, tulisan korban bullying

Leave a Comment